INFORMASI

Saat ini belum ada informasi terbaru.

Universitas Muhammadiyah Palu

Unismuh Gandeng Pemuda Muhammadiyah  Gelar Upacara Peringatan HUT Proklamas

PALU – Universitas Muhammadiyah Palu, Jumat (17/8) menggelar upacara Peringatan hari ulang tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 yang dipusatkan di Halaman Rektorat Kampus biru tersebut. Kegiatan itu, hasil kerjasama dengan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Tengah. Pada kesempatan itu, Rektor Unismuh Palu, Dr H Rajindra SE MM yang bertindak sebagai inspektur upacara, sekaligus membacakan teks Pancasila.
Sementara Teks Proklamasi dibacakan oleh Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tengah, Muhammad Amin Parakkasi SAg MHI dan Teks UUD 1945 dibacakan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Tengah, Fery ISA Abdullah SSos MSi. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Komandan Kokam Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Tengah, Anto Pilanto dan penggerek Bendera dipercayakan kepada Anggota Kokam Sulteng, masing-masing Ramli, Zainul, dan Devi Kumalasari.
Upacara tersebut, selain dihadiri warga kampus dari 8 fakultas dan Pascasarjana, juga dihadiri sejumlah organisasi otonom Muhammadiyah, yakni Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan Tapak Suci Putra Muhammadiyah.
Pada kesempatan itu, Rektor Unismuh Palu, Dr H Rajindra SE MM menyerahkan sertifikat dosen kepada dosen yang berhasil memperoleh sertifikasi tahun ini. Selain itu, Rektor juga menyerahkan Surat Keputusan dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) atau sekarang telah berganti nama menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2 Dikti) kepada sejumlah dosen yang mengalami kenaikan pangkat tahun 2018.
Dalam arahannya, Rektor menekankan agar para dosen terus memaju diri agar memperoleh sertifikasi dosen. Bagi mereka yang masih berstatus tenaga pengajar yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) diharapkan segera mengurus kenaikan pangkat menjadi asisten ahli. “Begitu juga yang asisten ahli, jika telah memenuhi syarat, saya harap segera mengurus pangkat menjadi Lektor,” jelasnya.
Selain memberikan arahan, Rektor Rajindra juga membacakan sambutan tertulis dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof Mohamad Nasir. Dimana Nasir menyebutkan bahwa saat ini, Indonesia banyak dipuji karena stabilitas politiknya, perkembangan ekonominya yang sehat serta prestasi-prestasi yang dicapainya untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. “Kita semua juga merasa bangga akan prestasi cemerlang pemuda-pemudi Indonesia di berbagai ajang kompetisi internasional di pelbagai bidang,” jelas Menristekdikti seperti dikutip Rektor Rajindra.
Kata Menristekdikti, pada Juli 2018, putra terbaik Indonesia mampu meraih emas pada lari 100 meter Kejuaraan Dunia U-20. Minggu lalu pun, tim U-16 mampu mencapai juara pertama piala AFF U-16. “Di bidang sains, gagasan mahasiswa kita yaitu mobil sampah plastik menjadi juara di ajang inovasi teknologi Shell Ideas 360, inovasi mahasiswa kita menjadi juara dunia pada ajang adu cepat mobil hemat energi Drivers’ World Championship, dan masih banyak karya inovasi lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Hal ini sungguh mengagumkan dan memperkuat keyakinan kita akan kekuatan intelektual dan kreativitas putra-putri Indonesia. Inilah “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”, yang akan memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia,” jelasnya.
Diakhir sambutannya, Menristekdikti mengajak masyarakat Indonesia, khususnya warga kampus, bahwa dalam peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, teruslah bekerja untuk membangun riset, teknologi, dan pendidikan tinggi serta menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk memperkuat rasa bangga dan keyakinan pada Indonesia. “Teruslah bekerja, teruslah berinovasi, teruslah berprestasi. Kerja kita, Prestasi Bangsa,” pungkasnya. (fdl)