INFORMASI

Saat ini belum ada informasi terbaru.

Universitas Muhammadiyah Palu

SULTENG RAYA – Universitas Muhammadiah (Unismuh) Palu melaksanakan Workshop Publikasi Ilmiah dan Training Management Open Jurnal System (OJS) di Aula Rektorat Unismuh pada (14/07/2018).

Kegiatan tersebut hasil kerjasama antara Unismuh Palu dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) memberikan pelatihan kepada dosen-dosen dalam hal penelitian mengenai OJS dalam penyusunan Jurnal ilmiah.

Ketua Koordinator Pusat RJI, Andri Putra Kasmawan saat memberikan sambutannya, ia mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menjalin kerjasama serta mendampingi dosen-dosen dalam penyusunan Jurnal Ilmiah apalagi saat ini jurnal ilmiah menjadi salah satu penilaian perguruan tinggi.

“Fokus kita adalah menjalin kerjasama dan mendampingi dalam hal tata kelola pembuatan jurnal ilmiah,” jelasnya.
Sementara itu, Rektor Unismuh, Dr. H. Rajindra, mengatakan universitas swasta masih kurang membuat jurnal ilmiah, maka dari itu Unismuh bekerjasama dengan RJI untuk melaksanakan kegiatan workshop penulisan jurnal ilmiah tersebut.

“Kita sadari bahwa ada tiga tugas dosen yang terangkum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, pengabdian dan penelitian, dan kalau kita lihat ini sesuai dengan aturan Permendikti maupun UUD tentang pendidikan. Yang saya liat perguruan negeri swasta disini untuk menulis dan memasukkan jurnal itu masih kurang, kita apresiasi RJI mau melaksanakan workshop ini,” ungkapnya.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertamakalinya diadakan oleh RJI untuk daerah Sulawesi Tengah dan sekaligus akan membentuk Pengurus RJI Provinsi Sulawesi Tengah.

“Kegiatan ini yang pertama di Sulawesi Tengah, karena untuk menunjang perguruan tinggi itu harus memiliki jurnal, baik dosen maupun institusinya, maka dari itu RJI melaksanakan kegiatan ini dan juga akan dikukuhkan pengurus Sulawesi Tengah,” ucapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unismuh luwuk, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi, Dekan Fakultas Agama Islam Unismuh Luwuk, DirekturPoliteknik Kesehatan Palu, Wakil Direktur Tiga Akbid Graha Ananda Palu, Sekretaris Jurusan Pengembangan Universitas Tadulako, Ketua LPM Akbid Graha Ananda Palu, dan peserta workshop lainnya.

Sementara itu, ia berharap dengan terlaksananya kegiatan ini semoga dapat respon positif dari peserta, dan juga melalui kegiatan ini dapat menambah pengetahuan mengenai Jurnal Ilmiah serta dapat diterapkan untuk memajukan perguruan tinggi di Sulawesi Tengah.

“Insya Allah dengan adanya workshop ini semoga direspon positif dapat memajukan diri pribadi maupun institusinya serta Sulawesi Tengah,” harapnya. MG1

Sumber: https://sultengraya.com