wartalldikti9.com –  DAYA SAING kampus sangat ditentukan oleh kekuatan dan kemampuan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi melebihi kampus lainnya.

Jika para civitas akademika mampu menghadirkan atmosfir akademik berdaya saing dan kompetitif, maka kampus tersebut akan menjadi rujukan anak-anak muda melanjutkan jenjang pendidikan tinggi.

Rektor Unismuh Palu 2017-2021 Dr. Rajindra Rum, SE, kepada Majalah wartalldikti9.com, di Palu awal Agustur 2018, menegaskan amanah yang diberikan, akan dijalani secara serius dan semaksimal mungkin.

Kompetisi sesama perguruan tinggi di Palu dan sekitarnya termasuk cukup tinggi, sehingga harus menempuh taktik dan strategi tertentu agar proses pembelajaran berjalan sesuai regulasi dan memiliki keunggulan, jika disbanding dengan kampus lainnya.

“Selama empat tahun periode menjalankan amanah selaku rektor, maka ada lima program kerja strategi yang akan diwujudkan. Program itu akan mampu semakin member daya saing kampus semakin lebih kuat lagi,” tandas Rajindra .

Kelima lima hal yang menjadi prioritas program kerja, membangun dan mengembangkan Unismuh Palu, agar menjadi yang terbaik dan kampus rujukan di wilayah Sulawesi Tengah.

Skala program kerja itu di antaranya, pertama meningkatkan kualitas Al Islamia dan Kemuhammadiyaan kepada seluruh civitas akdemika kampus.Prioritas kedua, kedua meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Hal ini dimaksudkan agar tidak ada lagi dosen yang berkualifikasi strata 2. Dosen di Unismuh kedepan harus mengambil jenjang Strata 3 (S3). Dosen juga harus menguasai bahasa Inggris dan teknologi informnasi, katanya.

Prioritas ketiga, meningkatkan kualitas manajemen. Hal ini sangat perlu dalam pengelolaan keuangan yang harus baik. Dengan begitu akan mudah mengentrolnya.

“Bagi para pegawai yang tidak sesuai kompetensinya kita akan tempatkan, dimana tempat yang sesuai untuk dirinya. Agar semua harus terbenahi secara baik,” ujarnya.

Selain dosen, Rajindra juga berjanji akan membehani kualitas kemahasiswaan. Kedepan katanya, setiap unit kegiatan kemahasiswaan di sejumlah fakultas harus berjalan dengan nyata.

“Mereka harus berlomba melakukan kegiatan yang dibuat untuk diperlihatkan di luar, agar masyarakat itu mengetahui Unismuh Palu itu hadir dengan segara kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tandasnya.

Selama ini kampus Unismuh ini, di sebagian masyarakat ada yang tidak mengetahui, karena tidak ada kegiatan kemahasiswaan. Untuk itu akan didorong untuk membentuk kegiatan itu.

Di bidang penelitian prioritas keempat, dan Rajindra beranggapan juga sangat perlu untuk tingkatkan. Karena jika Unismuh tidak mendapatkan bantuan dari Dikti atau Pemerintah Daerah, maka kewajiban universitas harus membantu dalam peningkatan penelitian mandiri.

“Saya juga akan memperbaiki infrastruktur sebagai prioritas kelima, terutama di bidang Informasi dan Teknologi (IT). Dengan adanya IT para mahasiswa akan dimudahkan untuk mengakses pembayaran SPP melalui bank yang ada, untuk itu kami akan bekerjasama dengan Bank dalam memperluas jaringan IT dengan baik,” ujarnya.

Luar Negeri
Peningkatan kualitas pembelajaran dengan membuka kerjasama terus dilakukan. Salah satu di antaranya menjalin kerjasama dengan tiga kampus di Korea Selatan pada Pebruari 2018.

Dijelaskan, ketiga kampus yang dijalin kerjasama itu adalah Dong-A University Korea Selatan, Busan University dan Woosouk University. Kerjasama dengan kampus luar negeri ini, pada pengembangan sumber daya manusia, ekonomi dan administrasi publik.

Lewat kerjasama itu, akan secara bersama melakukan penelitian, pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.

Kinerja kampus dari Korea, tentu akan memacu juga civitas academika Unismuh Palu dalam member pelayanan kepada masyarakat, terutama mencetak alumni berkualitas.

Pimpinan kampus yang ikut dalam rombongan kunjungan kerjasama ini semuanya dari perguruan tinggi Muhammadiyah.

Saat ini Unismuh Palu mengelola prodi di antaranya; S1 Manajemen, S1 Tehnik Sipil; S1 Pendidikan Luar Sekolah,S1 PG-PAUD, S1 Pendidikan Bahasa dan Seni; S1 Pendidikan Bahasa Inggeris.

Selain itu S1 Hukum, S1 Sosiologi, S1 Ilmu Administrasi Negara,S1 Agribisnis,S1 Kehutanan, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Pendidikan Agama Islam, S1 PGRA (PG-PIAUD),S1 Hukum Ekonomi Syariah,S1 Ahwan As-Syahsiyah, S1 Komunikasi Penyiaran Islam dan S2 Ilmu Pendidikan.

Rajindra lahir di Lagosi Wajo, 5 Mei 1959. Tamat SDN Tosoro Wajo 1971. SMPN Kampiri Wajo 1974. SMEA Neg II Ujungpandang 1979. S1 ekonomi Unismuh Palu. S2 PPs-Unhas dan S3 Manajemen PPs-UMI Makassar.

Pegawai BKKBN Sulteng 1987-2000. Kepala Bidang KB BKKBN Kabupaten Donggala 2003-2005. Kabid Ekonomi Bappeda Donggala 2005-2006. Kepala Badan KB dan PP Donggala 2008-2014. Sejak 2014 beralih status menjadi DPK di Unismuh Palu.

Pengalaman organisasi, Ketua Koperasi PNS BKKBN Sulteng 1998-2000. Sekretaris Majelis Ekonomi dan Keiwrausahaan PW Muhammadiyah Sulteng 2006-2009.

Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PW Muhammadiyah Sulteng 2012-2015. Pengurus Kerukunan Keluarga Wajo di Palu. Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sulteng 2016. (yahya)

Sumber: http://wartalldikti9.com

Bermodal Kesabaran dan Ketekunan
Unismuh Palu Naik Peringkat