Lima tahun terakhir ini kebijakan fakultas menyebar para mahasiswa ke daerah kelahiran masing-masing untuk mencari dan mengajak mahasiswa baru mendaftar di kampus setiap kali penerimaan mahasiswa baru.

         Demikian ditegaskan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu, Burhanuddin, SE, M.Si didampingi Kepala Tata Usaha, Nasrul Hak, SE, MM di ruang kerjanya, Jumat (10/3/2017).

Dijelaskan, lewat strategi memberdayakan para mahasiswa itu, dengan syarat setiap mahasiswa mengajak anggota keluarga, relasi dan temannya minimal satu orang, calon maba ke kampus, maka setiap tahun diperoleh maba yang mendaftar rata-rata 150 orang untuk satu prodi manajemen.

          “Para mahasiswa yang terdaftar di Pusat Data Perguruan Tinggi (PDPT), jika ditelusuri jejak rekam asal SLTA hampir mereka itu berasal dari 12 kota dan kabupaten yang ada di wilayah Sulawesi Tengah serta ada juga dari Sulawesi Barat yakni Mamuju Utara dan sekitarnya,” tegas mantan Ketua Prodi Manajemen Fekon Unismuh Palu ini.

      Selain memberdayakan mahasiswa, kehadiran ikatan alumni juga sangat membantu dalam mempromosikan dan menyebarkan informasi fakultas ke tempat kerja mereka masing-masing.

Kata dia, para alumni yang mencapai ribuan itu telah menyebar berkarier pada kantor pemerintah dan swasta di hanpir seluruh pelosok Sulawesi Tengah dan sekitarnya. Mereka itu ada yang sudah jadi wakili bupati, anggota DPRD, pejabat eselon di kabupaten dan kota se-Sulteng serta wirausahaan yang sukses pada bidang bisnis masing-masing.

         “Tahun akademik berjalan mahasiswa yang terdaftar bertransaksi di PDPT berjumlah 419 orang dengan tenaga dosen 31 orang, 3 orang sudah bergelar doktor serta satu orang sedang merampungkan jenjang studi S3,” ungkap sarjana ekonomi Unismuh Palu ini.