F I S I P

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

 

Praktik Pengalaman Lapangan PPL merupakan suatu program berupa latihan yang diberikan kepada Mahasiswa. Baik latihan dalam situasi buatan maupun dalam situasi nyata. PPL Mata Kuliah Metode Penelitian Sosial ini diawali dari proses pembelajaran di dalam kelas kemudian teori yang didapatkan di dalam kelas tersebut dipraktekkan di lapangan melalui PPL ungkap Muhamad Dasril S,Sos M,Si selaku pengampu Mata Kuliah Metode Penelitian Sosial tersebut. Secara garis besarpraktek pengalaman lapangan merupakan latihan bagi mahasiswa. Untuk mengasah kemampuannya dalam melaksanakan penelitian kelak, khususnya dalam mempersiapkan penelitiannya dalam bentuk skripsi.

PPL dilaksanakan pada tanggal 19-21 Agustus 2017 dengan Lokasi PPL di Desa Matau Kecamatan Kulawi Kabupaten Sigi dalam pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa juga berupaya untuk membantu pihak pemerintah desa dalam menata administrasi desa.

 

 

 

KULIAH UMUM

 

Salah satu atmosfir akademik khususnyadi fakultas yang senantiasa dijaga sampai saat ini adalah adanya kuliah umum dengan mendatangkan guru besar yang konsen dengan keilmuannyasehingga dapat membantu semua untuk membuka cakrawala dan memperkaya penalaran seluruh civitas akademika sebagai peserta kuliah umum ini, hal ini di ungkapkan Muhamad Dasril Wakil Dekan I FISIP Unismuh Palu menanggapi alasan mendatangkan Prof Syafri Sairin P.HD di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palu, sebagai pembicara kuliah umum pada tanggal 08 Juli 2017 yang bertempat di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palu

Prof Syafri Sairin P.HD dalam kuliahnya mengungkapkan bagaimana kondisi sosio kultural setelah reformasi yang mana masyarakat menghadap krisis sosial seperti menipisnya rasa toleransi terhadap perbedaan, menguatnya upaya untuk menemukan dan merevitalisasi faham-faham regional, menipisnya saling percaya dalam kehidupan, Modal sosial tidak sempat terbentuk sebagai salah satu instrumen bagi mencapai tujuan kemerdekaan.