Universitas Muhammadiyah Palu, bersama Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto melakukan KKN Program Kebencanaan pasca bencana yang melanda Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) pada tanggal 28 September yang lalu. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilingkungan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Palu. Pelepasan peserta KKN ini bertempat di Halaman Rektorat Universitas Muhammadiyah Palu, pada hari Selasa (15/1/2019).

Rektor Universitas Muhammadiyah Palu, Dr. Rajindra S.E., M.M., dalam sambutannya pada acara pelepasan peserta KKN menjelaskan bahwa peserta KKN berjumlah 144 mahasiswa, 17 mahasiswa berasal dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 40 Mahasiswa berasal dari Universitas Muhammadiyah Malang dan sisanya berasal dari Universitas Muhammadiyah Palu. “Mahasiswa Peserta KKN nantinya akan di tempatkan pada 8 Posko Pelayanan Kebencanaan yang tersebar di Palu, Sigi dan Donggala dan 1 Posko di Kampus Universitas Muhammadiyah Palu,” jelasnya.

Ketua Panitia KKN Program Kebencanaan, Dr. Andi Darmawati Tombolotutu, S.E.,M.Si., menambahkan bahwa Program KKN ini merupakan angkatan yang pertama khusus dalam Program Kebencanaan dan angkatan yang ke-55 dalam internal Universitas Muhammadiyah Palu. “KKN ini adalah inisiatif teman-teman dari Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas Purwokerto yang ingin membantu memberikan sumbangsih tenaga, keilmuan dan pemikiran pada daerah yang terdampak bencana  khususnya Palu, Sigi dan Donggala, bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Palu,” tambahnya.

Dalam Program ini Rektor Universitas Muhammadiyah Palu berharap bahwa mahasiswa dapat menjaga nama baik Almamater Universitas Muhammadiyah ketika berada di lokasi KKN dan dapat berkontribusi maksimal dalam membantu masyarakat yang terkena dampak bencana.

Pada kesempatan yang sama, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Arum Dita Lestari menceritakan senangnya dapat bergabung dengan sesama mahasiswa Universitas Muhammadiyah. “Saya sangat senang karena baru pertama kali ke Sulawesi, semoga nanti pada saat di lokasi bencana nanti saya dan teman-teman dapat membantu dan dapat memberikan sumbangsih kepada para masyarakat,” pungkasnya.

Sumber: https://liputanpalu.com/berita/kota-palu/untuk-pertama-kalinya-rektor-unismuh-palu-melepas-peserta-kkn-program-kebencanaan-bersama-um-malang-dan-um-purwokerto/