Sebanyak 14 dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, menerima dana hibah penelitian dosen pemula dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) RI.

Total dana yang diterima oleh ke 14 orang dosen itu sebesar Rp 287 juta dan akan didistribusikan ke setiap dosen, dana yang diterima oleh setiap dosen bervariasi disesuaikan dengan proposal yang diajukan.

Rektor Unismuh Palu, Dr. H. Rajindra, SE., MM., menyaksikan dan menandatangani langsung proses penerimaan dana hibah penelitian tersebut, di Aula Rektorat Unismuh Palu, Selasa (30/4/2019).

Rektor Unismuh Palu, Dr. H. Rajindra, SE., MM, melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Universitas Muhammadiyah Palu, Dr. Rafiuddin Nurdin, M.H,.M.P., mengungkapkan, kurun waktu beberapa tahun terakhir ini, budaya penelitian, penulisan, dan pengabdian dosen Unismuh Palu mulai mengalami peningkatan setelah pimpinan Universitas terus melakukan dorongan dan pendampingan, serta beberapa kali mendatangkan pelatihan dan motivator baik dari L2dikti Wilayah IX Sulawesi Gorontalo, maupun dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) lainnya.

Namun hal itu tidak bisa berhenti atau stuck sampai disitu, melainkan terus ditingkatkan lagi, terutama penelitian dosen pemula, penelitiannya harus ditingkatkan lagi, karena ini juga menyangkut kesejahteraan dosen bersangkutan. Sebab makin tinggi judul proposal, makin besar juga dana hibah yang mereka terima.

Seperti saat ini, karena sebagai peneliti dosen pemula, judul dan jenis penelitian juga masih masih sederhana, penelitian dosen dari Teknik mengenai penanggulangan bencana, dosen hukum mengenai kekerasan, dan dosen FKIP mengenai Inovasi. “Karena sebagai dosen pemula, tentu besaran dana yang mereka terima juga menyesuaikan, inilah kedepan harus kita dorong agar bisa menuju ke inovasi,” jelas, Rafiuddin.

Ia juga mengharapkan, agar setiap dosen Unismuh Palu bisa memanfaatkan kesempatan di setiap skema hibah dikti, karena penelitian merupakan aktivitas penting bagi seorang dosen, selain mengajar dan pengabdian di masyarakat, juga merupakan salah satu darma dari Catur Dharma Perguruan Tinggi bagi PTM.

Namun perlu diketahui, penelitian orientasinya tidak sekedar hanya mendapatkan finansial, karena penelitian yang terbit di jurnal internasional maupun nasional sangat penting sebagai upaya penyebarluasan gagasan atau ide keilmuan pada publik. juga untuk meningkatkan reputasi ilmiah penulis dan syarat kenaikan pangkat dosen, serta kepentingan institusi saat ada akreditasi.

Sumber: https://sultengraya.com/78550/14-dosen-unismuh-terima-hibah-penelitian-pemula/