Sebanyak 63 alumni Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, resmi dilepas oleh Dekan FAI, Dr. Normawati, Kamis (1/8/2019) malam, di kompleks FAI Unismuh Palu.

Dekan menitipkan pesan kepada 63 alumni tersebut, agar tidak mudah berpuas diri dengan gelar ke sarjanaan yang telah mereka sandang saat ini, melainkan sebaliknya dijadikan sebagai awal untuk terus mencari dan menggali ilmu pengetahuan sesuai dengan tuntutan Nabi Muhammad SAW, bahwa belajar itu mulai dari ayunan hingga di liang lahad.

Artinya, sepanjang raga (fisik) masih kuat, manusia masih dituntut untuk terus mencari ilmu, sekalipun tidak dalam bentuk pendidikan formal.

Namun yang tidak kalah penting kata Dekan, ilmu yang mereka peroleh dibangku kuliah selama ini, harus mereka amalkan agar bisa menjadi ladang amal ibadah bagi mereka.

Sebab ilmu itu ibarat sebatang pohon yang harus selalu dirawat, disiram, dan dipupuk agar dapat berbuah. Karena jika tidak dipelihara dengan baik, disiram, dan dipupuk, maka pohon tersebut tidak akan menghasilkan buah sebagaimana yang diharapkan.

“Begitulah perumpamaan ilmu, harus selalu diasah dan diamalkan, agar bisa menjadi ladang pahala,” pesan Normawati.

Selain itu kata Dekan, Ilmu dan gelar kesarjanaan yang mereka dapatkan saat ini harus mereka sadari, bahwa itu ada campur tangan pihak lain, selain Allah SWT juga adalah keluarga mereka, terutama kedua orang tua, saudara, dan kerabat terdekat.

Untuk itu katanya, usai pelaksanaan wisuda (hari ini. Red), orang yang paling berhak mereka pertama temui adalah kedua orang tuanya, terlebih jika keduanya masih hidup. Diminta untuk disalami jika perlu mencium telapak kakinya, sebagai bentuk pengabdian dan rasa terima kasih.

“Karena tidak sedikit pengorbanan yang mereka keluarkan untuk proses pendidikan saudara, mulai dari pengorbanan perasaan, harus berpisah dengan putra-putrinya, belum lagi biaya yang tidak sedikit, mereka harus kerja keras pontang-panting, keringat bercucuran tidak terhitung jumlahnya, panas dan hujan tidak menjadi halangan bagi mereka demi mencari uang biaya pendidikan saudara, wajib hukumnya saudara bersimpuh dihadapannya, minta ridho atas ilmu yang saudara peroleh hari ini, agar menjadi berkah dalam hidup saudara kedepan,” pesan Dekan.

Namun bagi yang orang tuanya yang sudah tidak ada (meninggal), diminta untuk terus mendoakan minimal setiap usai sholat wajib lima waktu.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada lima alumni dari lima kategori, yang pertama kategori lulusan tertua dan teraktif atas nama Irfo Maribunti, kedua kategori termuda atas nama Israwati, ketiga kategori terlama menyelesaikan studi atas nama Moh Ilman, keempat kategori tercepat menyelesaikan studi atas nama Magfirah, dan yang terakhir kelima kategori Berprestasi atas nama Rani Nurfahmi.

Hadir dalam kegiatan ini, selain para pendamping mahasiswa, dosen FAI, staf, para Wakil Dekan FAI, juga hadir Wakil Rektor 1 Unismuh Palu, DR. Rafiuddin Nurdin, Dekan FKIP Unismuh Palu, dan sejumlah pejabat lainnya di lingkup Unismuh Palu.

Sumber: https://sultengraya.com/82722/fakultas-agama-islam-unismuh-lepas-63-alumni/