Dua orang mahasiswa Filipina diterima oleh Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr. Rajindra di ruang kerjanya, masing-masing Leo Dominic C. Espina dan Mariel Ann T. Andres dari University of Mindanao, Kota Davao.

Kedua orang mahasiswa Filipina ini tengah mengikuti  program pertukaran mahasiswa, kerjasama SEAMEO pada program Sea Teacher. Sebelumnya Senin tanggal 5 Agutus 2019, Rektor juga telah melepas tiga orang mahasiswa Unismuh Palu untuk mengikuti program yang sama ke Filipina, masing-masing Sapna Mulyati, Cindi Novita Sari, dan Irmawati.

Rektor mengucapkan selamat datang kepada kedua tamu tersebut, berharap keduanya bisa betah di Kota Palu selama mengikuti program pertukaran mahasiswa. “Jangan segan bertanya dan meminta sesuatu jika membutuhkan kepada dosen pembimbingnya,” pesan Rektor kepada dua mahasiswa Filipina. Senin (20/8/2019).

Salah seorang mahasiswa Filipina, Leo Dominic C. Espina, mengucapkan banyak terima kasih telah disambut di Unismuh Palu, diperlakukan seperti keluarga, sehingga merasa berada di daerah sendiri.

Begitu juga dengan Mariel Ann T. Andres, kesan pertama yang ia rasa saat memasuki kampus Biru Unismuh Palu adalah kesan kekeluargaan, sangat terbuka dan sangat santai dan rileks. Sehingga sekalipun pertama kali menginjakkan kaki di kampus Unismuh Palu, sedikitpun perasaan tegang yang ia rasa tidak ada, karena semuanya menyambutnya dengan terbuka, santai, penuh rasa kekeluargaan.

“Hanya saja makanan di Kota Palu panas dan pedis,” ungkapnya dengan senyum.

Kedua mahasiswa Filipina ini juga diperkenalkan kepada mahasiswa baru yang tengah mengikuti program Masa Taaruf, dengan harapan bisa menjadi motivasi bagi mereka untuk mempersiapkan diri mengikuti program pertukaran mahasiswa internasional dan KKN Internasional, mengingat program tersebut telah menjadi program tahunan kampus ini.

Sekretaris Kantor Urusan Internasional (KUI) Ernita Sari menuturkan, bahwa kedua mahasiswa Filipina ini akan mengikuti program Sea Teacher di SMA Madani Palu, mengajar Bahasa Inggris di kelas 11, dan kembali ke Filipina tanggal 13 September 2019.

Selama itu, mereka tidak hanya mengajar karena akan diikutkan pada sejumlah kegiatan ekstra mahasiswa di Kampus Unismuh Palu. “Agar mereka tidak merasa jenuh, kami juga berupaya agar mereka diikutkan dengan kegiatan kemahasiswaan, biar mereka juga mengetahui dan merasakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang ada di Unismuh Palu,” ungkap Ernita.

Sebelumnya, kedua mahasiswa itu juga telah diterima oleh Wakil Rektor 1, Dr Rafiuddin Nurdin di ruang kerjanya, dan diberikan sejumlah pengarahan, sekaligus informasi terkait Kampus Biru Unismuh Palu.

Sumber: https://sultengraya.com/83346/program-pertukaran-mahasiswa-unismuh-terima-dua-mahasiswa-filipina/