Rektor Universitas Muhammadiyah Palu, Dr. Rajindra, SE., MM, memutuskan untuk merekrut sejumlah alumni kampus ini yang dinilai memiliki potensi untuk disekolahkan S2 dengan biaya penuh dari kampus.

Hal tersebut sebagai bentuk pemberdayaan alumni dengan ketentuan alumni yang dimaksud harus siap mengabdi di kampus ini sebagai dosen. Untuk itu sebelum disekolahkan dengan biaya penuh dari kampus, harus terlebih dahulu menandatangani perjanjian siap menjadi dosen di kampus ini.

“Dari pada kita cari terus orang dari luar, lebih baik kita rekrut alumni kita sendiri,” kata Rajindra, akhir pekan kemarin.

Ada dua prodi kata Rajindra yang saat ini yang masih membutuhkan dosen linear yakni Prodi Pendidikan Luas Sekolah (PLS) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) pada Fakultas Agama Islam (FAI).

Rajindra bermaksud kekurangan dosen linear itu bisa ditutupi dari dosen internal yayasan, sekaligus ini bisa mengurangi ketergantungan kampus ini terhadap dosen dari luar yayasan. Mengingat, hingga hari ini masih terdapat sejumlah dosen diluar dari dosen Yayasan yang mengajar di kampus ini, hal bisa itu terjadi karena masih kekurangan dosen internal yayasan.

Untuk itu, salah satu cara yang ditempuh oleh Rajindra adalah dengan merekrut alumninya sendiri yang sudah tentu dari segi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) tidak perlu diragukan, hal itu menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap dosen di Perguruan Tinggi Muhammadiyah selain juga adalah keilmuannya.

Rajindra mengatakan, bahwa Ia sudah memerintahkan dekan di dua fakultas itu untuk merekrut alumninya yang siap untuk menjadi dosen di prodi itu, dan dipastikan semua pembiayaan selama melanjutkan pendidikan di jenjang S2 akan ditanggung oleh Kampus Unismuh Palu.

“Yang pastinya alumni fakultas dan prodi itu, agar keilmuannya linear, karena yang kita butuhkan adalah dosen yang memiliki keilmuan yang linear,” jelasnya lagi.

Sumber: https://sultengraya.com/84956/berdayakan-alumni-unismuh-siapkan-beasiswa/