Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Muhammadiyah Palu, akan menutup pendaftaran program Applied Approach (AA) akhir Oktober 2019.

Kepala LPM Unismuh Palu, Dr. Farid, SE.,MM, mengimbau kepada semua dosen yang ingin mengikuti program ini, agar memanfaatkan sisa waktu yang masih ada untuk mendaftar sebelum tanggal 31 Oktober 2019, pendaftaran bisa melalui online http://bit.ly/formulirAA_UMP2019.

“Kegiatan ini terbuka untuk semua dosen perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Tengah, baik negeri maupun swasta, waktu yang tersisa paling tidak 10 hari ini, silahkan manfaatkan untuk mendaftar,” kata Farid. Ahad (20/10/2019).

Sementara pelaksanaan AA dijadwalkan pertengahan bulan November 2019 selama tiga hari di kampus biru Unismuh Palu, dengan menghadirkan tutor dari Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (L2dikti) wilayah XI Sulawesi Gorontalo.

Program AA kata Farid, adalah kelanjutan dari program PEKERTI, ini adalah merupakan program pelatihan yang dirancang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk peningkatan kompetensi pedagogik bagi para Dosen.

Di program ini, melatih dosen memiliki wawasan dalam bidang pembelajaran, meliputi materi tentang Taksonomi Tujuan Instruksional, strategi kognitif, dan pembelajaran sebagai bekal untuk melakukan rekonstruksi mata kuliah, membuat kontrak perkuliahan, maupun dalam menulis bahan ajar.

Berikutnya, Ragam Media dalam Pembelajaran, Alternative Assesment, Evaluasi Proses Belajar Mengajar, Rekonstruksi Mata Kuliah, dan yang terakhir Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum.

Hal ini kata Farid, sejalan dengan Undang-Undang No. 20 tahun 2003 pasal 39 ayat 2, menyatakan bahwa pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.

Pelatihan AA ini juga sejalan dengan amanat UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. “Ini juga sejalan dengan UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, disebutkan bahwa, beban kerja dosen mencakup kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian,” ungkap Farid.

Farid juga mengatakan, bahwa setiap peserta akan mendapatkan sertifikat AA yang sangat bermanfaat dan bisa digunakan saat dosen bersangkutan mengikuti Ujian Sertifikasi Dosen (serdos). Sertifikat ini bisa dikonversi dengan salah satu dari dua item ujian Serdos yakni Toefl atau Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA).

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai wadah peningkatan kompetensi dosen, melainkan sertifikatnya juga sangat bermanfaat saat ujian serdos,” tambahnya.

Sebelumnya, Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, terus mendorong dosen di kampus ini agar meningkatkan kompetensi dan pengembangan diri. Karena dosen harus mampu memberikan dampak positif terhadap perguruan tinggi dan mengubah pendekatan instruksional dari teaching university menjadi learning university.

“Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan  dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan–teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Nah bagaimana itu bisa mereka lakukan jika tidak melakukan pengembangan diri, untuk itu teruslah melakukan pengembangan diri,” kata Rajindra.

Sumber: https://sultengraya.com/86278/pendaftaran-aa-ditutup-akhir-oktober-2019/