Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, tahun ini membuka program studi baru yakni Program Studi  Ilmu Pendidikan Olahraga (S1) dan kini tengah menerima mahasiswa baru, tahun akademik 2020/2021.

Pendidikan Olahraga sendiri merupakan bidang ilmu yang fokus mempelajari olahraga dari sudut pandang seorang pengajar. Disini akan mempelajari berbagai aturan dalam olahraga, kesehatan mental dan fisik, peningkatan fungsi fisik, olahraga dan nutrisi, metode pelatihan untuk kompetisi, taktik dan strategi, dan metode pengajaran.

Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari hampir seluruh cabang olahraga mulai dari slot online sepak bola, basket, voli, renang, atletik, sampai woodball, dan tentunya tidak hanya sebatas teori di dalam kelas.

Terkait profil lulusan, walaupun mayoritas lulusan Pendidikan Olahraga memilih untuk menjadi guru, namun sebenarnya ada banyak sekali pilihan karier yang bisa digeluti, mulai dari atlet profesional, pelatih, maupun terapis fisik.

Bisa juga terlibat dalam pengembangan kurikulum pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di tingkat sekolah. Bagi yang senang pada dunia bisnis, bisa menjadi pengusaha dengan membuka usaha reflexology, fitness center, ataupun sanggar senam.

Bagitu juga yang memang fokus untuk menekuni cabang olahraga tertentu, bisa terlibat dalam pengelolaan klub olahraga. Kesempatan untuk melanjutkan studi dengan beasiswa juga terbuka lebar bagi lulusan Pendidikan Olahraga.

Rektor Unismuh Palu, Dr Rajindra, SE, MM saat ditemui belum lama ini mengatakan, prodi tersebut dibuka di kampus biru ini karena menilai prospek lulusannya sangat bagus dan sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan, karena tidak hanya sekadar menjadi seorang tenaga pengajar atau guru, melainkan juga bisa menjadi seorang pengusaha. “Jurusan pendidikan ini selalu diidentikkan dengan profesi guru. Padahal sebenarnya selain jadi guru, bisa juga mengembangkan kemampuan dengan menjajal profesi lain. Karena pada dasarnya banyak  sekali peluang karier yang menanti lulusan Pendidikan Olahraga dengan gaji yang kompetitif, termasuk dengan membuka peluang bisnis di bidang olahraga,”jelasnya.

Untuk itu, rektor berharap putra-putri terbaik daerah ini bisa memanfaatkan peluang tersebut, terlebih sarjana pendidikan olahraga masih terbilang sedikit di Sulawesi Tengah, dalam arti peluang untuk karis masih sangat terbuka luas.

Bagi yang berminat dan gabung di prodi satu ini dapat mendaftarkan diri melalui website pmb.unismuhpalu.ac.id.

 

Sumber: https://sultengraya.com/read/95715/pendidikan-ilmu-olahraga-hadir-di-unismuh-palu/