Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, telah menjalin kerjasama dengan empat perguruan tinggi dalam rangka penerapan konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka.

Keempat perguruan tinggi itu, masing-masing Universitas Fajar, Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, dan Universiras NU Sulawesi Tenggara.

Rektor Unismuh Palu, Dr Rajindra bersama dengan keempat rektor perguruan tinggi tersebut telah melakukan rapat bersama via daring Rabu (8/7/2020) membahas tindak lanjut dari MoU yang telah ditandatangani pada tanggal 6 Januari 2020.

Rektor Unismuh saat dihubungi mengatakan, untuk menerapkan konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka tersebut memerlukan sinergitas dan kerjasama, baik itu ditingkat perguruan tinggi maupun di tingkat badan usaha.

Karena didalamnya ada kaitan dengan kurikulum, lintas prodi antar perguruan tinggi, magang atau jasa praktek di badan usaha atau industri. “MoU tersebut memang sudah menjadi keharusan, karena itu tuntutan dari kebijakan Kemendikbud terkait Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka,”jelas rektor. Sabtu (11/7/2020).

Terkait pijakan operasionalnya secara teknis akan ditindaklanjuti oleh masing-masing prodi, pasalnya tidak semua prodi di empat perguruan tinggi itu bisa dikerjasamakan oleh Unismuh Palu. “Teknisnya ada di Prodi, yang mana bisa dikerjasamakan dan yang mana yang tidak,”tambah rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor Unismuh Palu bidang akademik, Rafiuddin Nurdin mengatakan, salah satu bentuk kerjasama dari kelima perguruan tinggi ini adalah meredisain kurikulum secara bersama-sama, ini pertama yang paling esensi yang terkait merdeka belajar itu.

Karena dalam kebijakan kementerian di semester enam, tujuh dan delapan adalah jam kegiatan, artinya mahasiswa bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti magang di industri atau perusahaan di BUMN atau BUMD dan BUMS, bisa juga melakukan proses pembelajaran pendampingan kepada pelaku-pelaku usaha, sementara kegiatan lainnya itu seperti KKN Tematik.

Olehnya, kelima perguruan tinggi itu akan terintegrasi untuk melakukan kegiatan KKN Tematik, misalnya ada kegiatan tematik kebencanaan seperti di Sulawesi Tengah kemarin, apapun itu kegiatan KKN Tematik nanti akan di sepakati sesuai dengan kondisi dan keadaan di lapangan.

Begitu juga terkait lintas prodi antar perguruan tinggi, dimana mahasiswa Unismuh Palu dapat melakukan proses pembelajaran di empat perguruan tinggi itu selama 2 semester atau setera 40 SKS, pun yang sama bagi mahasiswa empat perguruan tinggi itu dapat melakukan proses belajar di Unismuh Palu, sesuai prodi pilihan mereka masing-masing.

Sumber: https://sultengraya.com/read/96532/unismuh-palu-jalin-kerjasama-empat-perguruan-tinggi/