Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu membentuk badan usaha berbentuk badan hukum Koperasi yang diberi nama Sangsurya Bersinar Unismuh Palu.

Koperasi tersebut didirikan oleh civitas Unismuh Palu sejumlah 22 orang yang nantinya bergerak dalam bidang usaha konsumen berupa penyediaan Alat Tulis Kantor (ATK), photo copy, adobe photoshop cs5 download dan kuliner.

Rapat pembentukan koperasi itu dilangsungkan di aula rektorat Unismuh Palu, Selasa (4/8/2020), selain dihadiri oleh 22 orang pendiri termasuk Rektor Unismuh Palu Dr. Rajindra, SE., MM juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu, Setyo Susanto.

Dalam rapat tersebut, sebelum dilakukan penyusunan pengurus serta pemberian nama koperasi dilakukan pengarahan dan sosialisasi dari Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu, oleh Setyo Susanto dan dilanjutkan secara teknis sosialisasi pembentukan koperasi oleh PPL dari Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja Kota Palu.

Setyo Susanto berkeyakinan jika potensi perkembangan dan kemajuan koperasi di Unismuh Palu cukup besar, mengingat pangsa pasarnya sudah jelas yakni mahasiswa, dosen dan staf pegawai yang ada, tinggal memahami apa kebutuhan mendasar di dalam kampus. “Potensinya cukup besar, namun perlu awal-awal ini fokus dalam satu jenis usaha, agar terkelolah dengan baik,”kata Setyo Susanto.

Sementara itu, Rektor Unismuh Palu Dr. Rajindra, SE., MM mengatakan, pembentukan koperasi tersebut didasari oleh keinginan dosen untuk membentuk badan usaha yang bisa memenuhi kebutuhan civitas yang ada di dalam kampus.

Karena selama ini jika ada kebutuhan mahasiswa maupun staf dan dosen mengharuskan keluar kampus. “Kalau keluar kampus itu banyak sekali resiko yang dipikirkan, kecelakaanlah dan sebagainya, karena biar hanya fhoto copy harus keluar lagi, ini yang menjadi dasar pemikiran dosen,”ungkap rektor.

Langkah tercepat kata rektor untuk memiliki badan usaha adalah dengan membentuk koperasi, apalagi potensinya cukup besar, Unismuh Palu memiliki sekitar 4 ribu mahasiswa, belum lagi jumlah dosen, dan staf pegawai. “Kita berdoa, semoga ini bisa maju dan berkembang,”harap rektor.

Usai pengarahan, dilanjutkan penentuan jumlah simpanan pokok dan simpanan wajib anggota serta pembentukan struktur pengurus oleh Ketua Pusat Bisnis Unismuh Palu, Dr. Abdul Malik Bram.

Terpilih secara aklamasi Ketua Koperasi Sangsurya Bersinar Unismuh Palu, Dr. Farid, SE., MM, sementara Simpanan pokok sebesar Rp100.000 dan simpanan wajib anggota sebesar Rp25,000.