Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr. Rajindra, SE., MM berharap para mahasiswa kampus biru Unismuh Palu memiliki jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship, setelah lulus kuliah maupun saat masih mengenyam pendidikan.

Mengingat, jika kuliah hanya ingin menjadi pegawai negeri atau karyawan di salah satu perusahaan negara maupun swasta saat ini sudah sangat terbatas penerimaan.

Pemikiran tersebut sudah harus dibuang jauh-jauh, karena jika masih berpikir seperti itu dipastikan akan menjadi sarjana pengangguran. Itulah sebabnya kata rektor banyak keluaran (alumni) perguruan tinggi berlama-lama menjadi pengangguran. “Satu-satunya cara, adalah tumbuhkan dan kembangkan semangat berwirausaha,”ungkap rektor. Senin (5/10/2020).

Dengan begitu kata rektor, saat jadi alumni sudah memiliki pekerjaan tidak perlu lagi mencari pekerjaan. Salah satunya kata dosen Faskultas Ekonomi Unismuh Palu ini adalah dengan memanfaatkan teknologi digital. Terlebih kondisi saat ini banyak orang yang malas keluar rumah, bisnis dunia digital sangat bermanfaat.

“Sebagai mahasiswa, calon sarjana maupun yang sudah jadi alumni, harus bisa menciptakan peluang ekonomi dari sebuah ide usaha, baik skala kecil maupun skala besar, manfaatkan teknologi itu, HP bukan hanya sarana wisata berkomunikasi namun kini bisa menjadi sarana menghasilkan uang,” ujar rektor.

Perlu dipahami katanya, bahwa mahasiswa di era revolusi industri 4.0 itu adalah kaum muda yang mempunyai kompetensi akademik yang baik, berjiwa entrepreneur, menguasai future skills (soft & hard skills) sebagai modal kompetensi diri, tinggal kemauan dan polesan sedikit sudah bisa mengaktualisasikan diri. “Hal-hal seperti ini sejalan dengan apa yang diinginkan oleh Mas Menteri Nadiem, ‘Kampus Merdeka’ mendorong mahasiswa untuk menjadi entrepreneur dengan memanfaatkan teknologi digital,”ungkapnya lagi.

Lanjut rektor, banyak contoh di luar sana yang bisa mereka lihat, anak-anak melenial bisa menghasilkan uang dari HP yang setiap hari dipegang. Melalui kreatifitas seperti membuat kue, makanan, dan kreatifitas lainnya dan menawarkan ke media sosial.

“Saya berharap, mahasiswa Unismuh Palu sebagai calon sarjana, bisa memanfaatkan teknologi yang ada, jangan hanya main game atau sibuk berkomunikasi dengan teman saja, selain HP bisa digunakan kuliah daring saat ini, bisa juga digunakan sebagai sarana berwirausaha,”harap rektor.

Sumber: https://sultengraya.com/read/100227/rektor-unismuh-harap-mahasiswa-miliki-jiwa-entrepreneur/