Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu berhasil masuk jajaran kampus terbaik versi Webometrics  per Januari 2021. Sebagaimana rilis Lembaga pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities daftar universitas terbaik dunia termasuk di Indonesia.

Pemeringkatan berkategori Internasional yang berbasis di Spanyol tersebut mengeluarkan pemeringkatan dua kali dalam setahun. Hal ini menjadi salah satu bentuk acuan agar sebuah universitas tetap produktif dan bergerak maju.

Dalam rilisnya itu, Kampus Unismuh Palu masuk dalam kampus swasta terbaik kedua setelah urutan pertama ditempati oleh Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, dan menyusul kampus terbaik ketiga di tempat Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu.

Selengkapnya dalam rilisnya itu, menempatkan lima perguruan tinggi negeri dan sawsta di Sulawesi Tengah dalam 500 besar kampus terbaik di Indonesia versi Webometrics  per Januari 2021, masing-masing urutan pertama diraih oleh Universitas Tadulako (Untad) masuk urutan ke-52, menyusul Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk urutan ke-94, berikutnya Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu urutan ke-211, selanjutnya mengekor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datokarama Palu urutan ke-406, dan terakhir Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu urutan ke-439.

Komponen penilaian dari pemeringkatan Webometrics ini adalah banyaknya jumlah link dari luar yang masuk ke website perguruan tinggi, jumlah sitasi karya dosen yang terdeteksi di Google Scholar, dan jumlah paper yang banyak disitasi dari Scimago. Ketiga komponen tersebut mencakup penilaian Visibility, Transparancy, dan Excellent.

Unismuh Palu berhasil meningkatkan status sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik kedua di Sulawesi Tengah versi Webometrics Ranking Web of Universities. Serta menduduki peringkat ke-211 perguruan tinggi se-Indonesia setelah tahun sebelumnya menempati posisi ke-300.

Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM mengaku bersyukur atas adanya peningkatan pemeringkatan yang diperoleh kampus yang dipimpinnya itu, hal tersebut menunjukan bahwa sivitas akademika Unismuh Palu terus bekerja menghasilkan yang terbaik dan memberikan manfaat baik bagi orang yang bekerja di dalamnya maupun masyarakat luas, tidak terpengaruh dengan kondisi pandemi Covid-19.

“Ini kan, ada peningkatan pemeringkatan, menunjukan jika ada kemajuan, meski di masa Covid-19, semoga ini mampu dipertahankan dan jika perlu ada peningkatan,”ujar rektor. Kamis (4/2/2021).

Kata rektor, salama ini dirinya memang terus berupaya mengejar ketertinggalan kampus ini, termasuk ketertinggalan pemeringkatan dengan cara memaju seluruh civitas di dalam kampus untuk terus berkarya, sesuai tuntutan Catur Dharma Perguruan Tinggi.

Bahkan katanya, belum lama ini melakukan perombakan dan pergantian sejumlah staf di bidang IT guna memperbaiki sistem IT di kampus ini.

Sumber: https://sultengraya.com/read/104867/unismuh-palu-kampus-swasta-terbaik-kedua-di-sulteng-versi-webometrics-2021/