ebanyak 158 mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Secara Mandiri selama satu bulan dimulai 10 Maret sampai 20 April 2021. KKNT kali ini bertemakan kebencanaan.

Rektor Universitas Muhammadiyah atau Unismuh Palu Dr. H. Rajindra, SE., MM melepas mahasiswa peserta KKN Tematik angkatan 59 Tahun Akademik 2020/2021 secara daring Senin (8/3/2021).

Ketua LPPM Unismuh Palu, Dr. Andi Darmawati Tombolotutu, SE., MSi selaku penanggunjawab kegiatan menyebutkan, Karena adanya pandemi Covid 19, KKNT secara mandiri ini sudah dua kali dilaksanakan, dimana mulai tahapan pendaftaran, pembekalan KKNT saat ini dan proses konsultasi ke Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) melalui Daring serta pemilihan lokasi KKNT ditentukan sendiri oleh peserta.

Menurutnya, peserta KKN tahun ini sebanyak 158 0rang, dan berlokasi di delapan Kota/Kabupaten Se-Sulawesi Tengah (Sulteng) yaitu Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, Tojo Una-Una, Buol, Morowali, Banggai, dan Poso. Selain itu, ada di tiga provinsi luar Sulteng, diantaranya Provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tenggara.
Andi Menambahkan, dua bulan lalu, delapan peserta yang terdaftar sebagai peserta KKNT terlibat sebagai relawan Gempa Sulawesi Barat dan diintegrasikan sebagai pelaksanaan KKNT.

“Ada 6 Orang Dosen pembimbing lapangan yang akan menjadi pendamping Mahasiswa KKNT,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Sulteng, Faridah Lamarauna, SE., M.Si dalam kesempatan itu mengatakan kegiatan pembekalan KKNT ini merupakan tindaklanjut kesepakatan atau MoU pada bulan Februari 2020 yang pelaksanaannya secara teknis tertunda akibat Pandemi Covid-19.

Menurut Faridah, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Kominfo, kasus Covid-19 di Sulteng mencapai puncaknya selama 2 kali, dengan kenaikan 6000 persen, namun saat ini trendnya mulai menurun.
Faridah berharap peserta KKNT diharapkan tetap patuh pada protokol kesehatan dengan melaksanakan 3 M.

-“Kerjasama dengan Perguruan Tinggi seperti ini merupakan program yang sangat diharapkan, dimana peserta KKNT dapat menjangkau sasaran di daerah-daerah yang tidak bisa dijangkau oleh Dinas Kominfo. diharpkan dapat menyalurkan informasi yang didapatkan dari Pemateri Dinas Kominfo Sulteng,” ujarnya.

Rektor Unismuh Palu, Dr. H. Rajindra, SE., MM saat pelepasan peserta KKNT meminta kepada peserta KKNT untuk menerapkan apa yang sudah didapatkan di bangku perkuliahan di tengah masyarakat. Selain itu, menjalankan standar protokol kesehatan selama melaksanakan kegiatan KKNT dengan prinsip 3 M.
“Dalam Islam, prinsip 3 M memang telah diperintahkan untuk kehidupan keseharian,” kata Rajindra.

Sumber: https://mercusuar.web.id/kkn-tematik-angkatan-59-unismuh-palu-bertema-kebencanaan/