Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, melakukan pembangunan pagar  sepanjang kurang lebih 300 meter, di Jalan Jabal Nur, berhadapan langsung dengan Hutan Kota.

Ini adalah kali pertama kampus biru melakukan pergantian pagar pasca gedung dan pagar kampus ini dibangun puluhan tahun silam. Selain melakukan pembangunan pagar juga melakukan renovasi dan pengecatan gedung rektorat.

Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM ditemui di ruangannya mengatakan, program fisik berupa pembangunan pagar kampus sebenarnya sudah ada sejak dirinya dilantik diperiode pertama, hanya saja ia masih memfokuskan diri pelakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pembenahan administrasi.

Mengingat pembangunan fisik bukan hal yang urgen untuk segera dilakukan, namun berbeda dengan SDM dan administrasi, itu harus segera dilakukan karena hasilnya bersentuhan langsung dengan mahasiswa. “Sehingga selama ini masih terus fokus ke SDM dan pembenahan administasi, di penghujung jabatan saya diperiode pertama inilah, saya memulai pembangunan fisik, sebagaimana yang ada saat ini,”jelas rektor. Senin (22/3/2021).

Kedepan kata rektor, pintu masuk kampus tinggal satu, yang ada di depan Fakultas Agama Islam (FAI) dan dibangun dua ruas jalan, yakni ruas jalan masuk dan ruas jalan keluar, serta dibangun pos security untuk menjaga keamanan dan mengatur lalulintas. “Security-nya sudah direkrut, saat ini sementara mengikuti pelatihan,”sebut rektor.

Terkait pintu masuk yang terletak di Jalan Hangtua, rektor sebut itu tidak ditutup, karena di situ akan dibangun pusat bisnis. Pintu masuk itu akan menjadi akses orang masuk ke pusat bisnis, dan hanya sebatas masuk di pusat bisnis, tidak dapat masuk ke dalam kampus.

Sementara terkait pusat kuliner yang ada di belakang Masjid Ulil Albab Unismuh Palu, diharapkan dalam waktu dekat secara sukarela meninggalkan lokasi itu, karena di situ akan menjadi pintu masuk jamaah masuk ke dalam masjid, baik untuk melaksanakan Sholat Jumat maupun Sholat lima waktu.

Lanjut rektor, jika nantinya dirinya diamanahkan kembali memimpin kampus ini, program fisik dan pengembangan SDM tetap menjadi program utama. Kedua-duanya menjadi program prioritas. “Karena fisik juga menentukan, terutama menambah sumber-sumber pendapatan, seperti pusat bisnis, dan gedung Islamic Center, serta juga ada hutan pendidikan,”ujar rektor.

Sumber: https://sultengraya.com/read/107127/unismuh-palu-bangun-pagar-sepanjang-300-meter/