Dua bulan kedepan, Juli dan Agustus, terdapat lima fakultas dan satu pascasarjana di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu akan melakukan pemilihan pimpinan baru, karena pucuk pimpinan mereka memasuki masa akhir jabatan.

Untuk bulan Juli, yang memasuki masa akhir jabatan masing-masing Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Direktur Pascasarjana.

Sementara untuk di bulan Agustus terdapat dua fakultas, masing-masing Dekan Fakultas Hukum dan Dekan Fakultas Pertanian.

Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM mengatakan, suksesi kepemimpinan di lima fakultas dan satu pascasarjana tersebut diharapkan berlangsung dengan baik, dan menyerahkan segala mekanisme berjalan sesuai dengan aturan yang telah ada di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

Katanya, pergantian kepemimpinan itu adalah hal biasa di sebauh organisasi termasuk di lembaga dan perguruan tinggi, pergantian kepemimpinan sekaligus sebagai wujud adanya kaderisasi dan regenerasi di tubuh organisasi itu.

Bagi di Muhammadiyah dan Unismuh Palu khususnya kata rektor, sudah memahami betul hal seperti itu. “Bagi Muhammadiyah dan Unismuh Palu itu sudah dewasa dalam hal organisasi seperti ini, termasuk mekanisme dan regulasi yang mengatur kami,” ujar Rajindra. Ahad (13/6/2021).

“Termasuk yang sudah dua periode tentu dengan legowo memberikan kesempatan kepada kader-kader yang lain, agar berjalan itu organisasi, semakin banyak yang bersedia maju dalam pemilihan semakin bagus, artinya kita tidak krisis kader, sekaligus menunjukan pemimpin sebelumnya berhasil melahirkan kader,”tambah Rajindra.

Namun yang pastinya kata Rajindra, calon yang terpilih nanti harus bersedia melakukan dan menandatangani kontrak kerja, agar betul-betul bertanggungjawab atas jabatannya dan mau bekerja dengan sepenuh hati untuk organisasi dan lembaga. Tidak hanya sekadar jabatan itu disandang namun tidak bisa menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik. “Harus dipahami jabatan itu dipertanggungjawabkan dunia dan akhirat, makanya tidak boleh main-main kalau memangku sebuah jabatan atau amanah, karena repot pertanggungjawabannya,”ucap Rajindra.

Sumber: https://sultengraya.com/read/111588/lima-fakultas-dan-satu-pacasarjana-di-unismuh-palu-bakal-pilih-pimpinan-baru/