Panitia penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, hingga hari ini masih membuka pintu dan kesempatan bagi masyarakat untuk masuk menuntut ilmu di kampus ini, hingga bulan September 2021.

Penerimaan maba tersebut sengaja lebih panjang waktu yang diberikan, agar calon mahasiswa baru yang tidak lolos  di Perguruan Tinggi Negeri masih bisa menuntut ilmu diperguruan tinggi dengan cara memilih kampus Biru Unismuh Palu.

Pasalnya, Perguruan Tinggi Negeri rata-rata sudah tutup penerimaan mabanya di bulan Agustus dan September. “Sehingga calon mahasiswa baru yang tidak lolos di sana, masih bisa kuliah karena kami masih membuka diri untuk menerima,”ujar Ketua Panitia Maba, Burhanuddin. SE., MM. Senin (26/7/2021).

Kata Burhanuddin, calon mahasiswa baru tidak perlu ragu memilih dan kuliah di kampus biru ini, karena fasilitas yang disediakan juga cukup banyak, bahkan termasuk fasilitas beasiswa, mulai dari KIP Kuliah, Beasiswa BI, bahkan KIP Aspirasi.

Bukan hanya itu, sejumlah kebijakan rektor juga sangat berpihak ke mahasiswa, seperti keringanan pembayaran SPP dimasa pandemi Covid-19 dengan cara mengangsur. “Saya kira hanya kampus ini (Unismuh Palu), memberikan keringanan kepada mahasiswa untuk mengangsur pembayaran SPP, ini demi memberikan kemudahan kepada mahasiswa, agar tetap melanjutkan kuliahnya meskipun di masa pandemi seperti ini,”ujar Burhanuddin.

Selain itu, ruang untuk pengembangan bakat dan minat juga sangat terbuka, sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) telah hadir di kampus ini sebagai wadah belajar berorganisasi, seperti Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Tapak Suci, Hizbul Wathan, serta sejumlah UKM cabang olahraga lainnya, termasuk yang bergerak dalam dunia usaha.

Sebelumnya, Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE.,MM juga telah memastikan diri untuk memberikan kemudahan akses pendidikan kepada masyarakat di kampus ini di masa pandemi Covid-19, dengan cara menginstruksikan kepada seluruh pimpinan fakultas yang ada di kampus ini agar tidak mempersulit mahasiswa. Baik dalam hal pembiayaan maupun dalam hal proses perkuliahan.

Bahkan kata rektor, jika perlu mahasiswa yang mengalami kendala ekonomi (keuangan), pimpinan fakultas harus ikut membentu mengatasinya.

Sebab kata rektor, Unismuh Palu didirikan memang untuk membantu masyarakat, ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, mengangkat derajat masyarakat melalui pendidikan.

Termasuk katanya, harus membuka seluas-luasnya kesempatan kepada masyarakat untuk masuk menuntut ilmu di kampus biru ini. Panitia Penerimaan maba dan pimpinan fakultas harus bisa bersinergi memberikan ruang kepada masyarakat untuk masuk di kampus ini.

Sumber: https://sultengraya.com/read/113940/panitia-maba-unismuh-palu-buka-pendaftaran-hingga-september/