Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu bersama dengan Rektorat telah melaksanakan pendampingan penulisan artikel Jurnal Internasional bereputasi Scopus kepada sejumlah dosen, dilaksanakan selama dua hari, Senin – Selasa (13-14/12/2021) di aula rektorat.

Kegiatan ini menghadirkan seorang pakar jurnal scopus, sekaligus guru besar dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Prof. Eko Priyo Darmono, S.I.P., M.Si., M.Res., pH.D.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM. Rektor berharap agar para dosen yang hadir mengikuti kegiatan tersebut dapat memperhatikan dan menyimak dengan baik apa yang telah diberikan oleh Prof Eko selama dua hari itu.

Mengingat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para dosen dalam hal menulis jurnal scopus. “Tolong bapak ibu dapat memperhatikan dengan baik, apa yang telah diberikan (diajarkan) oleh Prof Eko, ini adalah untuk kebaikan bapak ibu juga,”pesan rektor, Senin (13/12/2021).

Di hari pertama, Prof Eko memberikan bimbingan cara dan teknis menulis jurnal yang terindeks scopus yang baik, dan bagaimana membuat referensi jurnal intersional yang beruputasi terindeks scopus yang baik, begitu juga bagaimana mencari referensi-referensi yang terbaru yang tentunya membutuhkan aplikasi yang dianjurkan.

Sementara di hari kedua, sejumlah jurnal dosen Unismuh Palu diseleksi. Setelah dilakukan seleksi terdapat kurang lebih 16 jurnal yang terpilih lalu direvisi secara bersama-sama dibawah bimbingan Prof Eko, dan untuk selanjutnya ke 16 Jurnal itu kini telah siap untuk di publis di jurnal internasional  terindeks scopus.

Sementara itu, Kepala LP2M Unismuh Palu, Dr. Muliadi, SH., MH mengatakan, jika ini adalah salah satu upaya Rektor Unismuh Palu untuk mendorong percepatan kenaikan pangkat para dosen di Unismuh Palu.

Katanya, berdasarkan petunjuk dan instruksi rektor, LP2M menyurat ke pimpinan fakultas yang ada untuk mengutus dosen-dosen mereka yang saat ini berkeinginan melakukan pengusulan kenaikan pangkat ke lektor, lektor kepala, bahkan yang berkeinginan ke guru besar.

“Mereka-mereka ini yang menjadi prioritas kami pada bimbingan dan pendampingan penulisan artikel Jurnal Internasional bereputasi Scopus kali ini,”jelas Muliadi.

Dengan harapan kata Muliadi, ilmu yang mereka didapatkan pada bimbingan itu juga dapat diimbaskan ke teman-teman dosen lainnya. “Tidak ada ruginya jika ilmu itu disalurkan juga ke teman-teman lain, selain menguatkan tali persaudaraan, juga menjadi amal ibadah,”ujar Muliadi.

Sumber:https://sultengraya.com/read/123378/lp2m-unismuh-palu-lakukan-pendampingan-penulisan-jurnal/