Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu menerima jajaran Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Tengah (Sulteng) di ruangannya, Selasa (25/1/2022).

Silaturahmi ini dilakukan dalam rangka mengajak pihak kampus biru Unismuh untuk menjalin kerjasama atau berkolaborasi menciptakan mahasiswa yang mempunyai keahlian dalam bidang jurnalistik khususnya peyiaran pertelevisian

Mengingat di Unismuh Palu terdapat salah satu Program Studi di dalam Fakultas Agama Islam, yakni Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI).

Tampak dalam rombongan ini dipimpin langsung oleh Ketua IJTI Sulteng Hendra, didampingi Sekretaris Rangga Musabar, serta jajaran pengurus lainnya.

Sementara Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM didampingi Wakil Rektor 1 Sudirman, S. KM., M. Kes, Wakil Rektor II Burhanuddin, SE., MM, Wakil Rektor III Dr. Moh. Yusuf Hasmin, SH., MM, dan Kabag Humas Unismuh Palu, Ir. Andi Kaimuddin, ST., MM., IPM, ASEAN Eng.

“Setidaknya dengan pertemuan ini kita berkolaborasi dengan baik, sehingga mahasiswa-mahasiswa yang ada di program studi tersebut juga bisa paham terkait penyiaran, khususnya pertelevisian,”jelas Hendra.

Menurut Hendra, saat ini minat mahasiwa yang telah menyelesaikan program studinya di Universitas terhadap profesi jurnalis khususnya jurnalis televisi sangatlah kurang.

“Mungkin mereka belum mengerti tentang dunia penyiaran dan pertelevisian, makanya minat itu terbilang kurang. Nah insyaaallah dengan kerjasama ini, mahasiswa yang keluar dari Unismuh Palu bisa paham, setidaknya mereka mengerti tentang penyiaran dan pertelevisian, dan bisa mereka terapkan diluar,”tuturnya.

Rektor menyambut baik keinginan pengurus IJTI Sulteng tersebut, dan berharap dalam waktu dekat ada tindak lanjut dari pertemuan itu berbentuk perjanjian kerjasama. “Silahkan nanti dikomunikasikan secara teknisnya ke Wakil Rektor 1,”ujar rektor.

Secara pribadi kata rektor sangat menyambut baik keinginan itu, karena sejalan dengan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristekdikti), dimana saat ini mahasiswa dituntut melakukan kegiatan pembelajaran di luar kampus, dengan kehadiran IJTI Sulteng hal tersebut bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk magang di industry pertelevisian dijembatani oleh IJTI Sulteng sebagai wadah organisasi.

Bahkan bukan hanya untuk satu prodi seperti Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) pada Fakultas Agama Islam (FAI), melainkan berlaku untuk semua prodi yang ada di kampus ini, sesuai peminatan mahasiswa. “Selama ini yang sering magang di industry pers atau lembaga penyiaran itu hanya KPI, saya minta kedepan sesuai dengan MBKM, ini dapat berlaku pada semua prodi sesuai peminatan mahasiswa,”jelas prof Rajindra.

Sumber:https://sultengraya.com/read/125802/ijti-sulteng-jejaki-kerjasama-dengan-unismuh-palu/