Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional ke-62 yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2022 kemarin, mengadakan lomba masak pangan lokal diikuti oleh mahasiswa peserta Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) semester V.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Dekan FKM Sabtu (29/1/2022), sekaligus bagian dari program Sabtu sehat berupa olahraga sehat dan makanan bergizi dan berkualitas.

Lomba masak tersebut mengangkat tema “CRISPY” yakni Crafting Special Recipe (Membuat Resep Khusus), ini merupakan kompetisi memasak yang mengutamakan kreativitas dalam menciptakan resep baru atau menu makanan praktis, sehat dan bergizi seimbang dengan berbasis pangan lokal.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 7 kelompok, masing-masing kelompok memperlihatkan kemampuan meracik dan memasak menu makanan yang bergizi dan seimbang dengan memanfaatkan pangan lokal yang ada.

alah seorang juri sekaligus dosen Gizi di FKM Unismuh Palu Eka Prasetia Hati Baculu, S. Pd., M.P.H menyampaikan, dari segi menu mananan semuanya sudah kreatif, karena memang yang dipersyaratan oleh panitia adalah membuat menu makanan yang seimbang, karena bertepatan dengan peringatan hari Gizi.

Namun katanya, sebagai kompetisi tentu ada yang namanya beruntung dan belum beruntung, di mana kali ini kelompok 7 yang dinilai betul-betul memanfaatkan pangan lokal sehingga dianggap sebagai pemenang.

“Dari segi menu mananan semuanya sudah kreatif, tapi kelompk 7 yang betul-betul semua menu makanannya adalah berasal dari pangan lokal, sesuai dengan tema kita,”ujar Eka Prasetia.

Harapannya, resep pemenang ini nantinya bisa diikutkan untuk lomba kedepannya. Karena beberapa tahun kemarin,  FKM perna ikut lomba yang diadakan Poltekes dan FKM menjadi pemenang  dengan mode perivikasi pangan. Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM dan didampingi oleh Wakil Rektor 1 Sudirman, S.KM. M. Kes, Wakil Rektor 2 Burhanuddin, SE., MM, dan Wakil Rektor 3 Dr. Moh. Yusuf Hasmin, SH., MH.

Sumber:https://sultengraya.com/read/126114/peringati-hari-gizi-2022-lomba-memasak-fkm-manfaatkan-pangan-lokal/