-Meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19 di Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu dan kembalinya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level III di Ibu Kota  Provinsi Sulawesi Tengah, membuat kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu melakukan pembatasan aktifitas di dalam kampus.

Unismuh Palu, hanya mengizinkan 50 persen mahasiswa hadir di dalam ruangan perkuliahan, sementara sisanya dapat mengikuti proses perkuliahan melalui daring.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 di masyarakat, selain juga tetap menyediakan  Hand Sanitizer di ruang-ruang perkuliahan dan pelayanan.

“Kita kembali melakukan pembatasan, 50 persen saja yang hadir sisanya bisa lewat daring,”jelas Wakil Rektor Bidang Akademik Unismuh Palu, Sudirman, S.KM., M. Kes, Kamis (24/2/2022).

Katanya, Unismuh akan terus memantau perkembangan kasus terkonfirmasi Covid-19 di masyarakat, sepanjang masih PPKM Level III, maka pihak kampus akan tetap menerapkan peraturan tersebut, demi keselamatan dan kesehatan bersama. “Tentu kita akan selalu mengutamakan keselamatan dan kesehatan bersama,”sebut Warek.

Begitu juga katanya terkait kegiatan kemahasiswaan di dalam kampus, dalam kondisi PPKM Level III kegiatan kemahasiswaan terpaksa harus dibatasi. “Yang namanya kegiatan kemahasiswaan pasti akan mengundang kerumunan, namanya kerumunan sangat rawan terjadinya penularan Covid-19, olehnya kita terpaksa batasi semua itu, saya kira para mahasiswa memahami kondisi ini,”jelas mantan Dekan FKM Unismuh Palu ini.

Pihak kampus kata Warek, tidak berani mengambil resiko, terlebih varian baru Covid-19 kali ini Omicron tingkat penularannya sangat cepat, sekalipun kasus kematian akibat Omicron terbilang kecil dibanding dengan varian delta.

Namun yang namanya terinveksi Covid-19 dipastikan sangat mengganggu kesehatan, apa lagi bagi mereka yang belum mengikuti vaksinasi. “Olehnya itu, kami selalu mengimbau mahasiswa, bagi mereka yang belum ikut vaksin, segera ikut program vaksin, karena tidak ada ruginya bagi mereka yang ikut vaksin, ini demi kesehatan diri sendiri,”imbau Warek.

Sumber:https://sultengraya.com/read/127893/unismuh-kembali-berlakukan-pembatasan-aktifitas-di-dalam-kampus/