Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu telah diasesmen lapangan secara virtual oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) selama dua hari, Senin-Selasa (18-19/4/2022).

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM saat membuka secara resmi pelaksanaan asesmen lapangan tersebut, berharap prodi ini mampu mempertahankan akreditasi yang telah diraih selama ini, yakni akreditasi Baik Sekali, bahkan jika perlu meningkat ke Unggul.

Katanya, perlu dipahami akreditasi adalah salah satu tolak ukur masyarakat memilih sebuah program studi, sehingga sangat penting untuk bisa mempertahankan akreditasi yang telah diraih selama ini. “Semoga bisa mempertahankan, dan tentu lebih baik lagi jika mampu meningkat ke Unggul,”harap guru besar Ilmu Manajemen Unismuh Palu ini. Senin (18/4/2022).

Harapan yang sama juga diutarakan Dekan FAI Unismuh Palu, Moh Rizal Masdul, S.Pdi., M.Pd, semoga prodi ini mampu mempertahankan akreditasinya.

Namun katanya, untuk bisa meningkat ke Unggul sepertinya masih sulit, pasalnya SDM di prodi ini masih perlu ditingkatkan.

Prodi PIAUD hingga hari ini belum memiliki dosen kualifikasi doktor (S3), begitu juga kepangkatan belum memiliki dosen yang berpangkat lektor kepala. “Ini adalah catatan kita, dan itu harus diakui, jika SDM di prodi ini masih perlu perhatian untuk terus dipacu untuk ditingkatkan, baik itu jenjang pendidikan dosen maupun kepangkatan,”ujar Rizal.

Belum lagi katanya, penelitian dan pengabdian dosen di prodi ini masih sangat minim. Ini adalah menjadi PR bagi unsur pimpinan di fakultas dan prodi untuk berbenah kedepan. “Masih banyak catatan dan PR yang harus kita benahi bersama, namun Insyah Allah atas dukungan pak rektor dan pimpinan fakultas kita bisa benahi itu semua kedepan,”sebut Rizal.

Terkait fasilitas katanya, itu sudah lebih dari cukup. “Tinggal bagaimana kedepan Ketua Prodi dan para dosen di prodi ini mau berbenah bersama-sama untuk meningkatkan SDM, penelitian, dan pengabdian sehingga mampu mendongrak penilaian akreditasi,”harap Rizal.

Sumber:https://sultengraya.com/read/131447/piaud-diasesmen-ban-pt-rektor-harap-bisa-pertahankan-akreditasi/