Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, terus berusaha memaksimalkan pemanfaatan Informasi Teknologi (IT) dalam proses pelayanan administrasi dan proses perkuliahan, tanpa menyampingkan regulasi undang-undang pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Dekan FAI Unismuh Palu, Moh Rizal Masdul, S.Pd., M.Pd. Katanya, di era 4.0 Informasi Teknologi (IT) sudah begitu sangat mumpuni, jika dimanfaatkan dengan baik sangat membantu dalam proses aktifitas keseharian, termasuk dalam hal pelayanan administrasi dan proses pelayanan akademik yakni perkuliahan.

Hal inilah katanya dimanfaatkan oleh FAI Unismuh Palu, seperti pada masa Covid-19, proses pelayanan dan perkuliahan tetap jalan sebagaimana biasanya, sekalipun antara mahasiswa dan dosen tidak berada di tempat yang sama, namun tetap berjalan karena memanfaatkan Informasi Teknologi.

Hingga kini, proses perkuliahan seperti itu tetap dipertahankan. Sekalipun kondisi penularan virus asal Wuhan Tiongkok itu sudah melandai, tapi ini hanya dikhususkan bagi mahasiswa pekerja (mahasiswa yang berprofesi sebagai pekerja namun sambil kuliah) agar mereka tidak perlu meninggalkan daerah dan profesinya sebagai seorang pekerja, serta tidak ketinggalan dengan perkuliahannya.

“Kita memaksimalkan pemanfaatan Video Conference, Zoom, dan berbagai aplikasi lainnya, yang sebelumnya telah direkomendasikan oleh Kemendikbudristek, ternyata itu sangat bermanfaat dan sangat membantu, apalagi itu mahasiswa yang berada di luar Kota Palu,”ujar dekan.

Apalagi saat ini kata dekan, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, kampus ini dalam waktu dekat ini akan beralih status atau bertransformasi menjadi Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Cirebon (UISSI).

Kerjasama yang dibangun ini dalam berbagai aspek, diantaranya konspek pembelajaran memanfatkan IT, termasuk konsep pembuatan vidio pembelajaran.   Namun kata dekan, ini  bukan kelas jauh, hanya saja memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi.

Selanjutnya kata dekan, terkait jadwal perkuliahan (pemanfatan IT) menyesuaikan dengan jadwal yang ada di kampus yakni Senin sampai Jumat, karena hari Sabtu dimanfaatkan untuk pengembangan soft skill mahasiswa, atau pengembangan bakat dan minat mahasiswa melalui olahraga, tapak suci, dan sebagainya.

Hal tersebut dilakukan, agar luaran dari FAI Unismuh Palu memiliki kualitas, baik dari sisi keilmuan (akademik) maupun dalam sisi keterampilan, agar dapat menjadi modal mereka saat setelah keluar dari kampus ini.

Saat ini kata dekan, FAI Unismuh Palu telah membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023, dan berharap masyarakat luas dapat menjadikan fakultas ini sebagai pilihan dalam menuntut ilmu. Mengingat perkuliahan di fakultas ini begitu sangat memudahkan bagi mahasiswanya melalui pemanfaatan Informasi Teknologi (IT).

Katanya, terdapat lima program studi di fakultas ini, yakni program studi Hukum Ekonomi Syariah, program studi Hukum Keluarga, program studi Pendidikan Agama Islam, program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dan program studi Komunikasi Penyiaran Islam.

Kelima program studi itu semuanya telah mengantongi akreditasi baik sekali (B), dengan fasilitas yang memadai sebagai penunjang proses perkuliahan di masing-masing program studi, termasuk fasilitas radio yang dimiliki oleh program studi Komunikasi Penyiaran Islam.

Penerimaan mahasiswa baru telah dimulai sejak 1 Februari hingga 31 Agustus 2022. “Tentunya kami sangat mengharapkan masyarakat, para calon mahasiswa memilih Fakultas  Agama Islam Unismuh Palu sebagai pilihan dalam menuntut ilmu, kami memastikan akan memberikan kemudahan-kemudahan kepada mahasiswa, dalam hal ini pelayanan akademik,”sebut dekan.

Sumber:https://sultengraya.com/read/133495/kuliah-di-fai-unismuh-palu-manfaatkan-it/