Kampus Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, kembali ketambahan satu dosen yang bergelar Doktor, setelah Moh. Rizal Masdul berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Manajemen Akreditasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Al-Haq Palu” pada sidang Promosi Doktor di Aula Senat UIN Datokarama Palu, Kamis (2/6/2022) di hadapan para penguji.

Kini kampus yang dikenal dengan nama Kampus Biru itu telah memiliki 38 dosen kualifikasi doktor dari 188 dosen universitas yang ada di kampus ini, sementara yang masih tengah lanjut studi S3 sebanyak 23 orang dosen. Teristimewa dari semua itu satu diantaranya adalah guru besar (Professor) Ilmu Menejemen.

Dalam sidang Promosi Doktor itu, Moh Rizal Masdul berhadapan dengan lima orang guru besar dan dua doktor, masing-masing pimpinan sidang Prof. Dr. H. Saggaf S Pettalongi, M.Pd (Rektor UIN Datokarama Palu), Sekreteratis Sidang Prof. H. Nurdin, S.Pd,. S.Sos., M. Com., Ph.D (Direktur Pascasarjana UIN Datokarama Palu).

Selanjutnya Penguji Internal 1 Oleh Prof. Dr. H. Juraid., M.Hum, Penguji Internal 2 Dr. H. Azma, M.Pd, Penguji Eksternal Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM (Rektor Unismuh Palu). Promotor oleh Prof. Dr. Rusly, S.Ag, M. Soc, Sc, dan Co. Promotor Dr.Moh. Ali., M.Pd.i (dosen dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Dari sidang promosi doktor itu, Dekan FAI Unismuh Palu itu berhasil mengantongi nilai sebanyak 91 atau A, dan setelah diakumulasi dari nilai selama perkuliahan dan nilai uji promosi doktor, Moh Rizal Masdul berhasil mendapatkan nilai 3,70 atau Cum Laude. Rizal sekaligus menjadi doktor urutan ke-10 jebolan UIN Datokarama Palu.

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM mengucapkan selamat kepada Dekan FAI Unismuh Palu tersebut atas capaian jenjang pendidikannya yang kini telah berhak menggunakan gelar Doktor di depan namanya.

Dengan harapan kata rektor, capaian ilmu dan gelar tersebut harus bisa seiring dengan prestasi yang bisa ditorehkan di fakultas yang dipimpinnya itu. “Karena sudah doktor, maka tentu harus berbeda, harus lebih dari sebelum mendapatkan gelar doktor, prestasi yang diraih FAI harus lebih banyak dari sebelumnya, begitu juga dengan minat mahasiswa menuntut ilmu di FAI harus lebih dari sebelumnya,”harap rektor.

Hal yang sama diutarakan oleh Promotornya, yakni Prof. Dr. Rusly, S.Ag, M. Soc, Sc, bahwa gelar doktor tersebut bukan hanya sekadar atribut yang melekat di depan nama, melainkan ada konsekuensi yang harus diperhatikan dalam pikir, tindakan, dan ucapan.

Tentu hal tersebut katanya sudah berbeda dari sebelumnya, karena sebagai seorang doktor memiliki keahlian dalam suatu bidang keilmuan, dan itu harus bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, paling tidak untuk kemaslahatan masyarakat.

Moh Rizal Masdul mengucapkan terimakasih atas support yang telah diberikan kepadanya selama mulai menempuh pendidikan S3 hingga promosi doktor, terutama kepada kedua orang tuanya, istri dan anak-anaknya, rektor dan dosen Unismuh Palu, rektor dan dosen UIN Datokarama Palu.

Begitu pula kepada kerabat, sahabat, dan rekan-rekan organisasinya yang tidak henti-henti memperhatikan dan mensupport dirinya selama lanjut studi S3. “Terimakasih semuanya atas doa dan dukungannya,”ucap Moh Rizal Masdul dengan linangan air mata.

Sumber:https://sultengraya.com/read/133652/unismuh-palu-lagi-ketambahan-satu-doktor/