Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu untuk membangun dan menjaga kebersamaan sebagai sebuah keluarga civitas akademika di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dilakukan berbagai cara, salah satunya melalui permainan atau Outbond.

Outbond tersebut bagian dari rangkaian kegiatan Baitul Arqam Dosen angkatan pertama Tahun 2022 yang dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari tanggal 8 hingga 10 Juni 2022, di Aula Rektorat, oleh Lembaga Pengembangan dan Pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LP2AIK).

Outbond ini sendiri sebagai penutupan kegiatan Baitul Arqam Dosen dipandu oleh Wakil Dekan 3 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unismuh Palu, Fery Isa Abdillah, S.Sos., M.Si.

Kata Fery, Outbound merupakan suatu bentuk pembelajaran segala ilmu terapan yang dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.

Sekaligus katanya sebagai upaya meningkatkan kebersamaan, sinergisitas, kerjasama, melatih kesabaran dan kedisiplinan, agar terbentuk tim kerja yang solid dalam lingkup Unismuh Palu sehingga menghasilkan kinerja yang semakin baik dan lebih produktif.

“Ini juga untuk seru-seruan, belajar memaknai pekerjaan sebagai seorang dosen dalam kehidupan sehari-hari diolah dalam bentuk game,”ujar Fery, Jumat (10/6/2022).

ebelumnya, saat pembukaan Baitul Arqam dosen, Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM mengatakan Baitul Arqam penting diikuti oleh setiap dosen dan pejabat yang ada di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) untuk mengasah pemahaman Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), sekaligus memperdalam ilmu IAK agar dapat diaktualisasikan di lingkungan keluarga, masyarakat, kampus dan fakultas masing-masing.

Baitul Arqam sendiri kata rektor, merupakan kegiatan kaderisasi pokok yang diselenggarakan untuk menyatukan visi serta membangun pemahaman nilai ideologis, sistem, dam aksi gerakan bagi dosen di lingkungan PTM.

“Bagi yang sudah perna mengikuti Baitul Arqam, ini menjadi penyegaran dan pendalaman materi, sementara yang belum perna dan ini yang pertama kali, akan menjadi pembelajaran. Karena Baitul Arqam  adalah salah satu penciri  PTM, tidak ada di perguruan tinggi lain,”sebut Prof Rajindra.

Sumber:https://sultengraya.com/read/134285/dosen-unismuh-palu-bangun-kebersamaan-lewat-outbond/