Samsu A Sahibo, salah seorang dosen senior yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Palu, sekaligus sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Unismuh Palu, kini telah berhak menyandang gelar Doktor di depan namanya setelah melewati ujian dan promosi doktor di hadapan penguji, Kamis (30/6/2022) di Aula Pascasarjana Untad Palu.

Samsu A Sahibo sekaligus sebagai Doktor urutan ke-39 yang dimiliki kampus biru Unismuh Palu, Mahasiswa Program Studi Ilmu Sosial Program Doktor BKU Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Tadulako nomor stambuk B 10.3 17 018 ini mampu mempertahankan judul dan isi Disertasinya dengan judul “Evaluasi Kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa di Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi”.

Naskah Desertasi tersebut merupakan penyempurnaan dari naskah sebelumnya yang telah dikonsultasikan kembali ke pada tim promotor dengan memperhatikan saran dan tulisan dari tim penguji terdiri atas Prof. Dr. Ir. Alam Anshari M.Si.,  Dr. H. Nasir Mangngasing, M.Si., dan Dr. Mulhanis, M.Si.

Sementara dalam sidang promosi Doktor, menghadirkan penguji eksternal yakni Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM sekaligus Rektor Unismuh Palu.

Di usia yang tidak mudah lagi, Ayah dari tiga anak ini mulai melanjutkan S3 atas desakan dan motivasi Prof Rajindra selaku atasannya, bahkan juga mendapatkan dukungan moral dan moril, akhirnya tepat hari Kamis (30/6/2022) telah menyelesaikan S3 di usia 59 Tahun, 10  bulan

Dalam pemaparannya, kajian penelitiannya lebih spesifik dilakukan di tiga desa di Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi yakni Desa Binangga, Desa Sibedi, dan Desa Bomba yang belum perna dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu. Ketiga desa tersebut dipilih sebagai bentuk representatif Kecamatan Marawola.

Menurut Promotornya, Prof. Dr. H. Muhammad Khairil, M.Si., MH., penelitian yang dilakukan oleh pria kelahiran Ampana 30 Agustus 1962 itu mempunyai perbedaan yang spesifik dengan penelitian-penelitian terdahulu baik dari segi lokasi, teori yang digunakan atau indikator penelitian, informan, dan teknik analisis data.

Dengan demikian kata Prof Khairil, penelitian tersebut memiliki keaslian yang tinggi dan dapat dipertanggungjawabkan.

Di tempat terpisah, Rektor Unismuh Palu, Prof Rajindra mengucapkan  selamat kepada Dr. Samsu A Sahibo, M.Si atas capaian pendidikan S3nya.

Semangat yang dimiliki dosen senior Unismuh Palu tersebut dalam menuntut ilmu kata Prof Rajindra, patut diapresiasi dan menjadi contoh bagi dosen-dosen mudah yang ada di kampus biru Unismuh Palu, jika menuntut ilmu dan pendidikan tidak mengenal usia. “Saya kira semangatnya cukup tinggi dan patut diapresiasi, meskipun diusia yang tidak mudah lagi tetap semangat dan mampu menyelesaikan studinya, ini patut jadi contoh oleh adik-adik dosen muda,”ucap rektor.

Sumber:https://sultengraya.com/read/135568/samsu-a-sahibo-doktor-ke-39-yang-dimiliki-unismuh-palu/