elang pelaksanaan Akreditasi Institusi, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu melakukan simulasi guna mengetahui sejauhmana kesiapan tim akreditasi untuk menghadapi tim Asessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Pasalnya kampus ini akan berhadapan dengan tim Asessor BAN-PT selama dua hari, tepatnya tanggal 25 dan 26 Agustus 2022 secara online. Adapun tim Asessor BAN-PT yang bakal turun memeriksa secara online yakni Prof. Dr. Indra Maipita, S.Pd., M.Si., Ph. D, Prof. Dr. Mella Ismelina Farma Rahayu, SH., MH, Dr. Dra. Indi Djastuti, M.S, dan Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M. Ag.

Wakil Rektor Unismuh Palu, Bidang Akademik Sudirman, S.KM., M.Kes mengatakan, dari simulasi itu dapat diketahui persiapan tim. “Makanya kita terus melakukan simulasi dan mempersiapkan dengan baik, supaya semua apa yang sudah ditulis, dan apa yang sudah dikerjakan itu bisa kita pertanggungjawabkan ke Tim Asesor nanti,”jelas Sudirman, Selasa (23/8/2022).

Katanya, diantara yang telah dipersiapkan itu adalah administrasi, karena prosesnya dimulai dari pemenuhan sejumlah dokumen sesuai ketentuan. Dokumen atau arsip ini kemudian menjadi kunci untuk proses akreditasi.

Dokumen itu sendiri nantinya berfungsi sebagai bukti, dari pemenuhan standar penilaian akreditasi ketika prosesnya berlangsung. “Oleh sebab itu, semua unit kerja yang ikut mengelola program studi atau perguruan tinggi, harus bisa menyajikan semua dokumen persyaratan. Sehingga dokumen ini bisa menjadi bukti otentik,”ujar Warek.

Dengan harapan melalui asesmen BAN-PT kali ini, akreditasi Institusi kampus biru Unismuh Palu bisa meningkat lebih baik lagi. Karena saat ini akreditasi yang dikantongi masih akreditasi C.

Karena melalui akreditasi itu mampu meningkatkan daya saing, berbekal akreditasi yang bagus, sebuah kampus bisa bersaing dengan kampus lain. Sebab statusnya sudah diakui sebagai lembaga pendidikan yang mumpuni dan berkualitas. Tidak akan sulit untuk menyediakan fasilitas pembelajaran terbaik untuk mencetak alumni yang kompeten.

Selain itu, akan lebih muda menjaring mahasiswa dan kemitraan, karena kampus dengan akreditasi A akan lebih mudah mendapat mahasiswa dibanding akreditasi B apalagi C. Sebab akreditasi mencerminkan kualitas pendidikan.

“Masyarakat tentu akan mengutamakan kampus dengan kualitas terjamin. Sehingga kampus dengan akreditasi tinggi selalu menjadi primadona, inilah yang kami harapkan, semoga melalui akreditasi kali ini kami bisa meningkatkan akreditasi yang kita miliki,”harap Sudirman.

Sumber:https://sultengraya.com/read/139249/jelang-akreditasi-institusi-unismuh-palu-lakukan-simulasi/