Tim Riset Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis komunitas Unismuh Palu, telah melakukan pengabdian di komunitas pemulung di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) POI Panda Kawatuna Kota Palu.

Kegiatan pelatihan itu telah berlangsung sejak tanggal 26-28 November 2022, sekalipun pelatihan tersebut telah selesai secara resmi namun kegiatan pelatihan secara berkala masih terus berlangsung sampai terbentuk kelompok-kelompok komunitas yang akan melaksanakan kegiatan yang sama.

Melalui kehadiran Tim Riset Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis komunitas Unismuh Palu memberikan pelatihan kepada komunitas pemulung memanfaatkan sampah plastik disulap menjadi barang yang dapat bernilai jual yang tinggi.

“Tujuan pengabdian kami memberikan pelatihan pembuatan tas dan dompet dari pembungkus deterjen,  white kopi, molto,  jas jus dan lain-lain, sehingga akan bernilai jual yang dapat menambah pendapatan masyarakat di sana,”jelas Ketua Tim Dr. Hj. Surni Kadir, Ahad (11/12/2022).

Katanya, Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Komunitas dengan Tema “Pemanfaatan Limbah Pembungkus Deterjen untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Tempat Pembuangan Akhir Sampah POI Panda Kawatuna Kota Palu” itu mendapatkan sambutan positif bagi komunitas pemulung, karena kehadiran tim pengabdi kepada masyarakat Unismuh Palu memberikan edukasi kepada mereka manfaat pengolahan sampah plastik yang awalnya tidak bernilai ekonomi bisa bernilai ekonomi.

Kini setelah mendapatkan pelatihan, komunitas pemulung di kawasan TPAS POI Panda Kawatuna mulai mengumpulkan sampah plastik untuk disulap menjadi tas dan dompet yang unik yang bernilai ekonomi.

“Alhamdulillah target untuk dapat menyelesaikan satu orang satu hasil karya bisa tercapai,  walaupun membutuhkan kesabaran dan kesungguhan serta keuletan akhirnya mereka bisa juga mengikuti  sesuai arahan pelatih. Semoga kedepan mereka dapat menjadi instruktur yang dapat mengajarkan ilmu yang mereka dapatkan kepada komunitas lainnya,  sehingga limbah plastik yang ada di TPAS dapat disulap menjadi  barang yang  bernilai tinggi guna menambah pendapatan mereka,”ujar Dr. Hj. Surni Kadir.

Tim ini sendiri terdiri dari Ketua Tim Dr. Hj. Surni Kadir dan Anggota Hj. Nuranisa,  SE,  sumber dana pengabdian berasal dari hibah Kemenag RI tahun 2022.

Sumber:https://sultengraya.com/read/146547/tim-riset-pengabdi-masyarakat-unismuh-palu-latih-komunitas-pemulung-sulap-limbah-plastik-jadi-bernilai-ekonomi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *