Universitas Muhammadiyah (, melakukan rekrutmen calon dosen untuk persiapan membuka Prodi Kedokteran, kali ini tercatat sebanyak 10 orang calon dosen yang melakukan penandatanganan kontrak dengan pihak Unismuh Palu.

10 calon dosen ini nantinya akan melanjutkan pendidikan Program Magister Biomedik di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dengan fasilitas biaya (beasiswa) dari Unismuh Palu.

“Mereka ini adalah dokter yang baru saja menyelesaikan pendidikan profesi, artinya masih memerlukan pendidikan jenjang lebih tinggi, jika ingin menjadi dosen,”sebut Wakil Rektor 1 Unismuh Palu, Sudirman, S.KM., M.Kes. Kamis (11/1/2024).

Dari 10 orang tersebut, kemarin Kamis (11/1/2024) baru enam orang yang berkesempatan hadir melakukan penandatanganan kontrak, sementara empat orang lainnya akan menyusul.

Sebagai syarat membuka prodi kedokteran sebut Sudirman, perguruan tinggi harus memenuhi syarat tenaga dosen minimal 26 orang dengan spesifikasi tertentu.

Untuk itu, kampus ini membuka rekrutmen dosen secara terbuka, khususnya yang belum memiliki homebase dan yang belum PNS. “Siapa tau ada yang sudah memenuh syarat untuk mengajar (dosen), tentu kami sangat terbuka untuk menerima itu, yang berminat dapat menghubungi langsung pihak universitas,”jelas Sudirman.

Mengingat kata Sudirman, kampus ini masih membutuhkan tenaga dosen Lulusan Prodi S2 IPK (Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan), dan juga dokter spesialis.

Sudirman melanjutkan, saat ini pihak universitas tengah membuat borang pengajuan pembukaan prodi kedokteran itu, dari sisi fasilitas, kampus ini terbilang sangat siap, mengingat selain memiliki rumah sakit sendiri juga dari infrastruktur gedung dan sebagainya telah memadai.

Dikesempatan sebelumnya, Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM sangat berharap dalam waktu dekat kampus ini sudah dapat membuka Prodi Kedokteran itu.

Mengingat kebutuhan tenaga medis di provinsi ini masih sangat terbuka, seiring tumbuhnya fasilitas kesehatan baik yang dimiliki pemerintah maupun pihak swasta. “Kami Unismuh Palu, sebagai salah satu lembaga pendidikan perguruan tinggi, memang memiliki kewajiban untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan oleh masyarakat, diantaranya itu yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat adalah tenaga medis (dokter),”sebut Prof Rajindra.

Sumber:https://sultengraya.com/read/169784/unismuh-palu-buka-rekrutmen-dosen-prodi-kedokteran/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *