Universitas Muhammadiyah () Makassar berhasil meraih akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hal tersebut tertuang dalam laman Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) BAN PT, Selasa, 23 Januari 2024. Dalam laman tersebut, Unismuh Makassar ditetapkan meraih akreditasi Unggul dengan nilai sebesar 368.

Sebelumnya pada tanggal 14-16 Januari 2024, empat asesor BAN PT telah melakukan verifikasi dan validasi komprehensif terhadap Laporan Evaluasi Diri (LED) yang disampaikan oleh Unismuh Makassar.

Empat asesor tersebut, yakni Prof Mulyono Baskoro dari Institut Pertanian Bogor, Prof Adang Suhendra dari Universitas Gunadarma, Prof Asaril Muhajir dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dan Prof Andi Sularso dari Universitas Jember.

Proses asesmen meliputi observasi sarana prasarana kampus, verifikasi dokumen, serta wawancara dengan dosen, , alumni, dan stakeholder.

Atas keberhasilan meraih akreditasi unggul tersebut, Rektor Unismuh , Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM mengucapkan selamat kepada koleganya di Unismuh Makassar.

Capaian ini sebut Prof Rajindra adalah bukti dari kerja keras, dedikasi, dan komitmen seluruh civitas akademika Unismuh Makassar dalam memajukan standar pendidikan dan kualitas akademis. “Tentu kami ucapkan selamat, perjuangan untuk mencapai itu (akreditasi unggul) telah terbayarkan,”sebut Prof Rajindra, Kamis (25/1/2024).

Unismuh Palu sendiri katanya, juga tengah berjuang menuju ke sana (akreditasi Unggul), dengan harapan satu sampai dua tahun kedepan itu bisa mereka capai, sesuai dengan masa berlakunya akreditasi “Baik Sekali” yang saat ini mereka miliki.

Untuk mencapai akreditasi unggul itu kata Prof Rajindra, harus memenuhi sejumlah syarat khusus, diantaranya jumlah guru besar, jumlah doktor, jumlah  dosen jabatan fungsional lektor kepala, mahasiswa asing yang belajar di kampus itu, kerjasama internasional, jumlah prodi akreditasi Unggul atau akreditasi A, dan lain-lain.

Hal inilah yang tengah Prof Rajindra bersama civitas akademika Unismuh Palu lainnya lakukan, berusaha untuk memenuhi itu semua. “Memang untuk mencapai itu gampang-gampang susah, tapi itu bisa kita capai jika kita bisa bekerjasama dan sama-sama bekerja, buktinya kita bisa sebelumnya mencapai akreditasi Baik Sekali,”sebutnya.

Sebenarnya kata Prof Rajindra, potensi mencapai akreditasi unggul itu sangat besar, karena embrionya telah ada, seperti kerjasama internasional, guru besar, dosen jabatan fungsional lektor kepala dan lain-lainya telah dimiliki.  “Semoga saja Untad Palu hasil Akreditasi Unggul, sehingga kita bisa belajar dari sana, agar yang masih kurang kita lengkapi, sehingga kita bisa menyusul Unismuh Makassar,”sebut Prof Rajindra.

Sumber:https://sultengraya.com/read/170418/unismuh-makassar-raih-akreditasi-unggul-unismuh-palu-segera-menyusul/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *