Universitas Muhammadiyah Palu

Current Date and Time

Unismuh Palu - Unggul, Islami & Terpercaya

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr. Rajindra, mengajak kepada seluruh mahasiswa di kampus biru untuk memanfaatkan perpustaan universitas sebagai tempat mencari informasi dan ilmu pengetahuan, sebagaimana fungsi perpustakaan sebagai gudang ilmu pengetahuan.

Terlebih saat ini, perpustakaan kampus universitas telah dilengkapi dengan perpustakaan digital atau lebih dikenal digital library. Ratusan judul buku yang telah terdaftar dalam database sistem perpustakaan digital ini. Para mahasiswa dan dosen jika ingin melihat buku yang tersedia cukup mengunjungi website perpustakaan, yakni dengan: perpustakaan.unismuhpalu.ac.id.

“Kini tidak lagi hanya menyediakan buku manual, namun juga sudah ada digitalnya, diharapkan itu bisa dimanfaatkan bukan hanya mahasiswa saja, melainkan juga dosen bisa memanfaatkan,”ujar rektor. Sabtu (26/9/2020).

Kata rektor, jika berbicara ilmu pengetahuan, sangat tidak cukup apa yang mahasiswa dapatkan dari dosen di dalam ruang perkuliahan, mahasiswa harus berupaya mencari tambahan, termasuk bisa mereka dapatkan melalui membaca buku di perpustakaan.

Dengan itulah kata rektor, pengelolah perpustakaan terus berusaha memperbanyak judul buku untuk memenuhi kebutuhan bacaan dan referensi bagi mahasiswa dan dosen.

Kepala Perpustakaan Unismuh Palu, Suprih Jaswadi menguraikan, semenjak kasus Covid-19 dan dialihkannya proses perkuliahan dari tatap muka di kampus ke Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Online, jumlah pengunjung mengalami penurunan drastis.

Namun para petugas di perpustakaan, selalu siap melayani para pengunjung, sekalipun ada kasus Covid, tentu dengan penyesuaian pelayanan. “Untuk buku konvensional, terdapat ribuan judul buku, dan kami selalu siap melayani di sini,”ungkap Suprih.

Terkait fasilitas diperpustakaan kata Suprih, diakui banyak mengalami kerusakan saat terjadi peristiwa gempa bumi dan disusul tsunami dan likuifaksi pada tanggal 28 September 2018 silam, hingga kini pihak pengelolah perpustakaan terus melakukan perbaikan secara bertahap.

“Mungkin secara fasilitas, tidak senyaman sebelum peristiwa tanggal 28 September 2018 silam, tapi pelayanan kami tetap sama, melayani peminjaman bagi yang ingin meminjam, kalau mau membaca disini silahkan dengan senang hati,”kata Suprih didampingi rekannya Ibran L.

Sumber: https://sultengraya.com/read/99805/rektor-ajak-mahasiswa-manfaatkan-perpustaakan-sebagai-gudang-ilmu/