Universitas Muhammadiyah Palu

Current Date and Time

Unismuh Palu - Unggul, Islami & Terpercaya

Sebanyak 50 orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu berhasil mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia (BI), setelah sebelumnya melalui seleksi yang cukup ketat.

Rektor Unismuh Palu, Dr. Rajindra, SE., MM mengucapkan banyak terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah mempercayakan kampus biru menjadi salah satu dari empat perguruan tinggi di Sulawesi Tengah yang mendapatkan bantuan beasiswa.

Hal yang sama juga untuk anggota DPR-RI, khususnya yang bertugas di Badan Anggaran (Banggar) Muhidin Said, yang telah menganggarkan beasiswa untuk perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi swasta melalui Bank Indonesia. Bantuan tersebut dinilai sangat membantu perguruan tinggi, terlebih perguruan tinggi swasta di tengah Covid-19 saat ini.

Di kesempatan yang sama, rektor juga menitip pesan kepada anggota DPR-RI, agar dalam hal penganggaran bantuan, jangan terlalu jauh jurang perbedaannya antara perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta, mengingat perguruan tinggi swasta juga tidak sedikit bentuannya ke negara.   “Namun, dengan adanya bantuan ini, tentu sangat membantu perguruan tinggi maupun mahasiswanya, terutama bagi perguruan tinggi swasta,”ujar rektor. Selasa (13/10/2020).

Ini adalah kali pertama kampus biru menerima bantuan beasiswa dari BI, dengan nilai sebesar Rp600 juta untuk 50 orang mahasiswa.

Rektor berharap, agar para mahasiswa yang beruntung itu bisa memanfaatkan bantuan beasiswa tersebut dengan sebaik-baiknya, mengingat di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sangat sulit untuk mendapatkan bantuan untuk mahasiswa. “Gunakan dengan sebaik-baiknya, manfaatkan untuk keperluan kuliah, sebagaimana tujuan dari pemerintah mengeluarkan beasiswa, ini uang negara,”pesan rektor.

Rektor juga meminta kepada para mahasiswa penerima beasiswa BI itu untuk ikut aktif dalam group Generasi Baru Indonesia atau yang biasa dikenal dengan sebutan GenBI, ini komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (BI), yang didalamnya terdiri dari beberapa  mahasiswa dari berbagai  Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta pada wilayah terpilih.

Melalui GenBI para penerima beasiswa Bank Indonesia tidak hanya menerima bantuan berupa materi saja, melainkan dipilih dan direkrut oleh Bank Indonesia untuk diarahkan menjadi agent of change bagi masyarakat, garda depan Bank Indonesia yang membantu menyampaikan informasi kebijakan-kebijakan yang yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (front Lines) serta disiapkan untuk menjadi pemimpin Indonesia dimasa mendatang (feature Leaders).

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Keungan Unismuh Palu, Nasrulhak Akkas, SE., MM mengatakan, sampai saat ini pihak kampus belum menerima nama-nama mahasiswa yang dinyatakan lolos menerima beasiswa tersebut, pihak kampus masih menunggu SK dari BI.

Sebelumnya, pihak kampus telah menyerahkan nama-nama mahasiswa yang dinilai layak untuk menerima beasiswa itu lebih dari 50 nama, dengan syarat telah menyelesaikan lebih dari 40 SKS dan IPK lebih dari 3,25.

Sumber: https://sultengraya.com/read/100514/50-orang-mahasiswa-unismuh-palu-terima-beasiswa-dari-bi/