FAI UNISMUH PALU, Persiapkan Kontingen Poski Lewat Kemah Kerja

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, mengadakan kemah kerja guna menjaring bibit baru yang dapat mewakili kampus biru dalam Pekan Olahraga Seni dan Kegiatan Ilmiah (Poski) yang bakal di laksanakan di Makassar.

Kemah kerja tersebut dilaksanakan selama 10 hari, dimulai dari tanggal 21 samapi 31 Oktober 2021 di halaman FAI Unismuh Palu. Kemah kerja tersebut dirangkaian dengan sejumlah kegiatan, diantaranya sejumlah lomba.

Mulai dari Musyabaqah Tilatil Quran (MTQ) dan Musyabaqah Hafzil Quran (MHQ) 1 juz dilaksanakan di tanggal 28 Oktober 2021, Lagu Religi, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, dan Pidato Bahasa Inggris dilaksanakan di tanggal 29 Oktober 2021. Selanjutnya, Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Arab, dan Debat Bahasa Inggris, dilaksanakan di tanggal 29 dan 30 Oktober 2021.

Sebelumnya, juga telah dilakukan aksi bersih lingkungan fakultas dari tanggal 21 hingga 27 Oktober 2021.

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut, rektor menyarankan kegiatan ini menjadi agenda tahunan di fakultas ini, dan jika perlu peserta lomba diambil dari mahasiswa semester bawah, agar mereka bisa lebih lama berada di dalam kampus, sehingga saat dibutuhkan mereka ada  dan siap.

“Jadikan kegiatan seperti ini agenda tahunan, dan tambah jenis lombanya seperti lomba lagu mars Sang Surya milik Muhammadiyah dan Lomba MC tiga bahasa,”pesan rektor, Kamis (28/10/2021) malam.

Rektor juga menilai, jika fakultas ini terus membenah diri dan berubah, sehingga tidak heran jika sekarang selalu terdepan melakukan trobosan jika dibandingkan dengan fakultas lain yang ada di kampus biru. “Ada kesungguhan mau berubah, selalu tambil terdepan melakukan trobosan dan inovasi, fakultas lain harus juga melakukan trobosan baru dan inovasi baru, jika ingin universitas ini disegani di Sulteng,”ujar rektor.

Dekan FAI Unismuh Palu, Moh Rizal Masdul mengatakan, kegiatan tersebut memang bukan hanya semata-mata untuk menjaring bibit baru yang dapat mewakili kontingen kampus biru ke sejumlah kompetisi, melainkan juga sebagai bagian dari upaya membenahi kekurangan dan kelemahan yang ada di fakultas ini. Melakukan perbaikan menejemen, pembinaan akademik, dan peningkatan prestasi mahasiswa sesuai visi misi universitas.

“Sehingga kita mengambil tema rekonstruksi gerakan dalam mewujudkan kampus yang berkemajuan. Artinya kami merekonstruksi, melakukan perbaikan kekurangan-kekurangan yang ada menuju kampus yang berkemajuan,”jelas Rizal.

Kata Rizal, saat dirinya pemimpin fakulas ini, ia melihat kekurangan yang dimiliki fakultas ini tidak hanya dalam satu bidang, melainkan terdapat di sejumlah bidang, baik di menejemen, akademik, begitu juga di tingkat prestasi mahasiswa.

Untuk itu secara bertahap dirinya melakukan perbaikan-perbaikan secara kolaboratif dengan seluruh Civitas yang ada di fakulatas ini. “Kali ini kita melakukan kemah kerja, tentu ini erat kaitannya dengan upaya peningkatan prestasi mahasiswa, dengan cara menjaring bibit-bibit baru,”ujar Rizal.

Sebagaimana pesan rektor kata Rizal, kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan fakultas ini.

Sumber: https://sultengraya.com/read/120190/fai-unsimuh-palu-persiapkan-kontingen-poski-lewat-kemah-kerja/