Mahasiswa KKNT Unismuh Palu Salurkan Bansos ke Panti Asuhan

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, menyalurkan berbagai bantuan sosial (bansos) di sejumlah panti asuhan yang ada di Kota Palu, Jumat (13/8/2021).

Penyaluran Bansos itu, merupakan program Jumat berbagi yang digagas oleh Posko 2 KKNT Unismuh Palu.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKNT Unismuh Palu, Abdul Manan, SH.MH mengatakan, mahasiswa KKNT Unismuh Palu menjadikan program Jumat berbagi dengan sasaran kegiatan pembinaan dan bantuan sosial kepada panti panti asuhan di kota Palu.

“Benar sasaran kami adalah lokasi panti-panti asuhan di kota Palu, dikarenakan kita ketahui bersama bahwa eksisnya panti asuhan adalh berdasarkan bantuan Allah melalui uluran tangan hamba2nya. namun pada masa pandemi ini semua serba sulit, hamba2 Allah yg dulunya menjadi harapan untuk memberikan bantuan kepada panti asuhan dimasa pandemi ini justru untuk memenuhi kebutuhan sendiri saja sangat sulit sehingga sy selaku DPL menyetujui saran dan masukan mahasiswa saya untuk menjadikan panti asuhan sebagai sasaran program mahasiswa kknt Unismuh palu. Semoga sedikit bantuan kami bisa meringkan beban saudara2 kami,” tulis Abdul Manan melalui pesan WhatsApp yang dikirim ke Sulteng Raya, Jumat (13/8/2021).

Abdul Manan selaku DPL juga berharap, kegiatan ini dapat mengetuk pintu hati khususnya masyarakat kota Palu untuk selalu tetap saling membantu dan tetap saling berbagi.

“Karena manusia yang utama adalah sejauhmana dia bermanfaat bagi orang lain, itu yang kami tanamkan pada mahasiswa kami. Hal ini juga sejalan dengan himbauan ketua LPPM Dr. Muliadi, SH.,MH serta Rektor Unismuh Palu Dr. H. Rajindra Rum, SE. MM yang menghimbau bahwa pelaksanaan KKNT Mahasiswa Unismuh Palu harus difokuskan tentang masalah-masalah pandemi,” sebut Manan.

Sementara, Erwin Rantas M. Tatlim selaku ketua Posko 2 Mahasiswa KKNT Unismuh Palu mengatakan, program ini merupakan program unggulan dari hasil analisa serta pembahasan kami dan disetujui DPL Abdul Manan, SH., MH, sehingga diputuskan sebagai program kerja unggulan KKNT Mahasiswa Unismuh Palu.

Selain itu lanjut Erwin, program kami juga selain berbagi makanan siap saji, masker, handsanitizer dan kebutuhan lainnya kepada anak panti asuhan, mahasiswa juga mensosialisasikan pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada masyarakat panti di masa pandemi.

“Karena penyakit itu takdir dari Allah namun kebersihan itu pilihan kita,” kata Erwin.

Menurutnya, program ini akan terus dilaksanakan  dan dinamakan Jumat berbagi, sasaran kami semua panti asuhan se-kota Palu, namun itu semua tergantung kemampuan finansial kami dan bantuan finansial dari para dosen-dosen kami dan kami juga membuka diri bagi siapa saja yang ingin mendonasikan hartanya untuk berbagi dengan anak panti.

Sumber: https://sultengraya.com/read/114980/mahasiswa-kknt-unismuh-palu-salurkan-bansos-ke-panti-asuhan/