Peduli Cianjur, Unit Kebencanaan Sintuvu Unismuh Palu Buka Donasi

Unit Kebencanaan Sintuvu Unismuh Palu membuka Donasi sebagai bentuk kepedulian atas musibah gempa berkekuatan 5,6 SR berjenis tektonik kerak dangkal atau shallow crustal earthquake mengguncang Cianjur, Jawa Barat pada tanggal 21 November 2022.

Atas musibah itu, tercatat rumah rusak berat sebanyak 8.151 unit, rusak sedang 11.210 unit, dan rusak ringan 18.469 unit. Sementara kerusakan fasilitas sekolah 525 unit, begitu juga tempat ibadah sebanyak 269 unit, 14 fasilitas kesehatan dan 17 gedung kantor.

Sementara korban meninggal dunia akibat gempa magnitudo 5,6 itu sebanyak 334 orang dan delapan orang masih dalam pencarian. Begitu juga dengan luka berat, ringan tercatat ratusan orang.

“Unit Kebencanaan Sintuvu Unismuh Palu membuka Donasi atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita Cianjur, Jawa Barat, semoga donasi-donasi kita dapat meringankan beban mereka,”ujar Humas Unismuh Palu, Dr. Ahmad Yani, Ahad (4/12/2022).

Bagi civitas akademika Unismuh Palu dan masyarakat Sulawesi Tengah yang berkeinginan memberikan donasi dapat mengirim ke rekening BSI: 8888805840 (a.n Lazismu Sulawesi Tengah) dengan menambahkan Kode Unik ‘13’ di ujung angka donasi (Contoh: Rp. 100.013,-) dan konfirmasi ke WA: +6285256030543 (Nasrulhak).

Yani melanjutkan, Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu dan sekitarnya punya pengalaman hampir serupa yang dialami masyarakat Cianjur, Jawa Barat, yakni pada tanggal 28 September 2018 diguncang gempa 7,4 SR disusul tsunami dan likuifaksi, mengakibatkan ribuan nyawa melayang dan ratusan bangunan dan infrasturuktur rusak barat.

Beruntung, dalam kondisi begitu berat, masyarakat seluruh Indonesia dari berbagai daerah berbondong- bondong mengulurkan tangan membantu meringankan beban yang dialami masyarakat Kota Palu dan sekitarnya. Atas uluran tangan itu, secara bertahap kondisi masyarakat beransur-ansur pulih.

“Kita berharap, semoga kondisi saudara-saudara kita di Cianjur, Jawa Barat juga cepat pulih, agar mereka bisa kembali beraktifitas sebagaimana sebelumnya,”harap Yani.

Untuk itulah kata Yani, uluran tangan Civitas Akademika Unismuh Palu dan masyarakat Sulawesi Tengah sangat dibutuhkan, seberapapun bantuan yang didonasikan kepada masyarakat Cianjur, Jawa Barat sangat berarti bagi mereka.

Sumber:https://sultengraya.com/read/146234/peduli-cianjur-unit-kebencanaan-sintuvu-unismuh-palu-buka-donasi/