PP Muhammadiyah Latih Leadership dan Manajemen Unsur Pimpinan Unismuh Palu

Sebanyak 67 unsur pimpinan Universitas Muhammadiyah Palu, mulai dari tingkat universitas, prodi hingga lembaga mendapatkan pelatihan Leadership dan Manajemen dari PP Muhammadiyah selama empat hari, terhitung Ahad-Rabu (30/10-2/11) di Aula Rektorat Unismuh Palu.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah dr. Agus Taufiqurrahman. S. Ps. M. Kes mengatakan, hal tersebut sebagai bentuk perhatian serius PP Muhammadiyah terhadap amal usaha, khususnya Universitas Muhammadiyah Palu. Bahkan PP Muhammadiyah telah menghadirkan sejumlah mentor dari PP, yakni sebanyak enam orang.

Kata dr. Agus, PP Muhammadiyah punya konsen tinggi, agar amal usaha khususnya perguruan tinggi itu betul-betul bisa menjadi pusat keunggulan (center of excellence) Muhammadiyah, itu terbukti dibanyak tempat. Ketika Perguruan Tinggi Muhammadiyah di daerah bagus, maka dakwah Muhammadiyah di tempat itu sangat dinamis.

Ia menyebut tiga Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang masuk 10 besar internasional untuk perengkingan Perguruan Tinggi Islam di dunia, yakni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), di daerah itu dakwah Muhammadiyah begitu sangat dinamis.

Padahal kampus-kampus tersebut katanya, juga diawali dengan fasilitas yang sangat sederhana, seperti kampus UMY yang awal-awal berdirinya sangat memprihatinkan. Kebetulan katanya UMY tua dua tahun sedikit dibandingkan dengan Unismuh Palu, yakni berdiri di tahun 1981, sementara Unismuh Palu berdiri 1983. “Artinya Unismuh Palu juga punya kesempatan sebagus dan seunggul UMY,”sebut dr. Agus.

Untuk itu para unsur pimpinannya harus memiliki kemampuan kepemimpinan dan manajemen yang bagus, olehnya PP Muhammadiyah melalui para mentor akan melakukan pelatihan selama empat hari.

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM mengatakan,  pelatihan  Leadership dan Manajemen itu sangat dibutuhkan oleh para unsur pimpinan di kampus ini, sekalipun katanya terbilang lambat, karena seharusnya pelatihan itu dilakukan sebelum menjabat, namun kali ini dilakukan setelah menjabat, itupun dilakukan secara kolektif.

Prof Rajindra menitipkan pesan, agar para peserta pelatihan itu serius dan mengikuti pelatihan tersebut hingga selesai. “Jangan ada yang izin pulang, harus serius. Peserta akan bermalam hingga empat hari di sini, karena kegiatannya hingga malam hari,”pesan Prof Rajindra.

Sumber:https://sultengraya.com/read/144565/pp-muhammadiyah-latih-leadership-dan-manajemen-unsur-pimpinan-unismuh-palu/