Rektor Ajak Mahasiswa Bersikap Kritis

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr. Rajindra, SE.,MM, mengajak kepada ratusan mahasiswa baru untuk bersikap kritis pada sejumlah regulasi, terutama yang berkaitan dengan pembiayaan.

Karena setiap pembiayaan di dalam kampus ini telah diatur dalam bentuk regulasi berlaku secara umum, dan tidak dibenarkan ada pembiayaan dibebankan kepada mahasiswa di luar dari ketentuan tersebut.

Jika ada pembiayaan yang dibebankan kepada mahasiswa di luar dari ketentuan, diminta mahasiswa melaporkan hal itu ke Kabag Keuangan Nasrul Hak, SE.,MM, dijamin identitas mahasiswa bersangkutan akan dirahasiakan.

“Sikap kritis ini dibutuhkan, agar tidak ada pungutan liar, sekalipun saat ini sudah tidak ada, namun perlu tetap diantisipasi,” kata Rektor, saat membuka Masa Taaruf (Masta) mahasiswa baru Unismuh Palu, Tahun akademik 2019/2020, di Aula Rektorat. Senin (19/8/2019).

Olehnya itu kata Rektor, setiap mahasiswa penting memahami regulasi yang ada secara paripurna, agar mahami secara detail jenis-jenis pembiayaan dan besaran jumlahnya, sehingga jika menemukan dan mengalami pelayanan diluar dari ketentuan bisa mengambil sikap.

Rektor juga menyampaikan pesan kepada mahasiswa, khususnya yang belum beruntung dari segi ekonomi agar segera melaporkan diri ke Kabag Keuangan agar bisa didata, jika beruntung bisa mendapatkan beasiswa. “Kita disini ada beasiswa PPA dan Bidikmisi, siapa tau bisa beruntung, untuk itu segera melaporkan diri,” pesan Rektor.

Begitu juga terkait dengan kalender Akademik. Rektor menekankan bahwa mahasiswa dapat mengawasi para dosen, khususnya terkait dosen yang tidak memiliki Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan dosen yang malas masuk mengajar.

“Rektor tidak semua mengetahui itu, sehingga dibutuhkan kritikan dari bawah, termasuk dari mahasiswa. Jadi kita harus bisa bekerja sama membangun kampus,” tambah Rektor.

Selain itu yang tidak kalah penting kata Alumni angkatan pertama Unismuh Palu ini adalah kegiatan mahasiswa, setiap mahasiswa baru diharapkan dapat memanfaatkan unit-unit kegiatan mahasiswa yang ada sebagai wadah penyaluran dan pengembangan minat dan bakat.

Karena di kampus biru ini telah terbentuk sejumlah unit-unit kegiatan, baik dibidang olahraga, seni, maupun yang bergerak pada bidang riset, dengan harapan melalui itu dapat meramaikan kegiatan kemahasiswaan, karena itu bagian dari penilaian Kemenristekdikti.

Ditempat yang sama, Presiden Mahasiswa Unismuh Palu Bheliand Christian, juga mengingatkan kepada mahasiswa baru agar tidak hanya menjalankan aktivitas rutin di dalam kampus, namun juga memanfaatkan kesempatan yang ada untuk bergabung dalam organisasi yang diakui yakni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Mereka bisa belajar berorganisasi dan mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang tidak mereka dapatkan di bangku kuliah, selain juga bisa menyalurkan dan mengembangkan bakat-bakat yang mereka miliki di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Sumber: https://sultengraya.com/83130/rektor-ajak-mahasiswa-bersikap-kritis/