Rektor Ajak Mahasiswa Kembangkan Potensi Lokal

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr. Rajindra, SE.,MM., mengajak mahasiswa di kampus ini mengembangkan potensi lokal yang ada di Sulawesi Tengah.

Sebagai masyarakat akademisi kata Rektor, harus bisa melihat pontensi-potensi lokal yang bisa dikembangkan yang dapat bernilai ekonomis, agar bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Banyak sekali potensi-potensi lokal yang bisa diolah dan dikembangkan sehingga bisa bernilai ekonomis, seperti labu, singkong, pisang, dan masih banyak lagi lainnya, lakukan riset,” kata Rektor, saat menghadiri pembekalan PPL FAI Unismuh Palu. Jumat (13/9/2019).

Universitas kata Rektor, sangat mendorong mahasiswa turun melakukan riset dan pengabdian sebagai bagian dari Catur Dharma Perguruan Tinggi, bahkan dosen diperintahkan melibatkan mahasiswa jika turun melakukan penelitian maupun pengabdian.

Bagi Rektor, tidak cukup jika mahasiswa hanya menghabiskan waktu di dalam kampus, karena pengembangan diri  tidak harus dilakukan di dalam kampus namun juga bisa dilakukan di luar kampus, seperti penelitian dan pengabdian, terlebih pemerintah menyediakan banyak anggaran untuk penelitian dan pengabdian.

Namun sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), harus selalu berlandaskan nilai-nilai Islam, termasuk dalam riset dan pengabdian tidak boleh jauh dari nilai-nilai Islam. “Dalam hal-hal kecil, misalnya zat pewarna harus jelas kehalalannya, disitulah nilai-nilai Islam,” jelas Rektor.

Dengan adanya pengembangan potensi lokal ini kata Rektor, sangat membantu masyarakat petani menumbuhkan prekonomiannya, sebab selama ini hasil pertanian seperti labu, singkong, dan pisang belum terkelola dengan baik.

“Disinilah tugas dari masyarakat kampus untuk memikirkan itu, bagaimana itu semua bisa dipikirkan dari hal-hal yang biasanya bisa bernilai ekonomis,” tambahnya.

Sumber: https://sultengraya.com/84210/rektor-ajak-mahasiswa-kembangkan-potensi-lokal/