Rektor Dorong Penelitian Tugas Akhir Studi Mahasiswa Bersifat Inovatif

Tugas akhir merupakan salah satu mata kuliah wajib lulus bagi semua mahasiswa, itu sebagai salah satu persyaratan di dalam penyelesaian studi untuk memperoleh gelar.

Tugas akhir berupa karya tulis ilmiah mahasiswa yang mencerminkan kemampuannya dalam melakukan proses dan pola berpikir ilmiah melalui kegiatan penelitian yang dituangkan dalam bentuk Skripsi, diharapkan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr Rajindra, SE., MM hasil penelitian tersebut harus bersifat inovatif.

“Jangan itu-itu terus yang menoton, jangan hanya standar-standar saja, bukan lagi waktunya seperti itu. Karena yang dituntut sekarang adalah inovasi,” ujar rektor. Kamis (18/2/2021).

Katanya, mahasiswa harus berani keluar untuk melakukan penelitian-penelitian yang sifatnya inovatif. Apalagi saat ini ada beasiswa yang bisa mahasiswa manfaatkan sebagai pembiayaan yang dikeluarkan oleh Yayasan Hadji Kalla, berupa program beasiswa skripsi tahap 1 tahun 2021. Beasiswa tersebut membiayai kebutuhan penyelesaiaan skripsi bagi mahasiswa yang berani melakukan penelitian aplikatif dan inovatif.

Memang kata rektor, salah satu indikator lulusan itu berkualitas adalah dari hasil kajian penelitiannya. “Kualitas seseorang itu bisa dilihat dari situ (hasil penelitian) pemilihan judul dan hasilnya apa, lihat saja di situ,”jelas rektor.

Jika punya inovasi yang baik, kedepan kata rektor mereka bisa berkompetisi dengan melakukan hal yang sama, kalaupun tanpa harus ada beasiswa.

Sebenarnya kata rektor, dirinya sejak dulu selalu menekankan kepada mahasiswa yang sudah studi akhir, agar dalam pemilihan judul harus lebih menantang dan menarik, agar nanti penelitian dan hasilnya juga bisa lebih menarik, menghasilkan inovasi-inovasi yang bisa menjawab tantangan kehidupan saat ini.

“Memang dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Kreatif dalam menemukan ide baru dan inovatif dalam mencari cara-cara baru untuk mensiasati permasalahan yang ada. Karena yang diinginkan nantinya, hasilnya itu bisa digunakan untuk kedepan maupun masyarakat,”ujar rektor.

Sumber: https://sultengraya.com/read/105352/rektor-dorong-penelitian-tugas-akhir-studi-mahasiswa-bersifat-inovatif/