Rektor Unismuh Minta Pimpinan Fakultas Tidak Persulit Mahasiswa

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu, Dr. Rajindra, SE., MM menginstruksikan kepada seluruh pimpinan fakultas agar tidak mempersulit urusan mahasiswa, bahkan jika perlu membantu kendala yang dialami mahasiswa.

Kata rektor, kondisi saat ini sudah cukup sulit akibat dampak Covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia khususnya, berimbas pada kondisi ekonomi masyarakat, bahkan tidak sedikit menekan psikologi masyarakat.

Untuk itu kata rektor, sebagai akademisi apalagi pimpinan di tingkat fakultas, harus bisa memahami kondisi tersebut, memberikan pemakluman jika ada mahasiswa yang mengalami kendala, termasuk dalam hal keuangan.

“Jika perlu, bantu mahasiswa itu mengatasi kendala keuangannya, jangan malah dipersulit,”ujar rektor, akhir pekan kemarin.

Kata rektor, sebagian besar mahasiswa yang masuk di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) itu adalah anggota masyarakat yang tidak begitu beruntung dari segi ekonomi, mereka masuk kuliah di perguruan tinggi bertujuan untuk mengubah kehidupan mereka, dengan harapan setelah lulus dari perguruan tinggi bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih menjanjikan dari segi ekonomi.

Atau paling tidak bisa memanfaatkan ilmu yang mereka dapatkan untuk berkreasi, hidup mandiri. “Untuk itu bantu mereka (mahasiswa), jangan malah mempersulit,”pesan rektor.

Karena dengan cara seperti itu kata rektor, akan memberikan kesan yang baik di mata masyarakat terkait institusi Unismuh Palu. Sebab pada dasarnya Unismuh Palu didirikan memang untuk membantu masyarakat, ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, mengangkat derajat masyarakat melalui pendidikan.

Termasuk katanya, harus membuka seluas-luasnya kesempatan masyarakat untuk masuk menuntut ilmu di kampus biru ini. Panitia Penerimaan maba dan pimpinan fakultas harus bisa bersinergi memberikan ruang kepada masyarakat untuk masuk di kampus ini.

“Jangan mempersulit masyarakat masuk ke Unismuh Palu, buka akses yang seluas-luasnya, apalagi mempersulit keluar dengan cara mencari-cari kesalahannya, sulit ditemui dosen pembimbingnya, akibatnya berlama-lama di kampus, hanya mengurus proposal dan skripsi,”ujar rektor.

Sumber: https://sultengraya.com/read/113472/rektor-unismuh-minta-pimpinan-fakultas-tidak-persulit-mahasiswa/