Ruko Unismuh Palu Masuki Tahap Pembangunan

Salah satu pusat bisnis Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu yakni ruko 16 petak mulai tahap pembangunan, ditargetkan diawal tahun 2023 selesai.

Pembangunan ruko itu tepatnya di depan jalan Hangtua disamping Masjid Ulil Albab Unismuh Palu. Ruko itu dirancang dua lantai, masing-masing lantai satu delapan petak, dan lantai dua delapan petak dengan masing-masing petak seluas 5 M X 15 M.

ni adalah amal usaha ketiga yang dibangun kampus biru sebagai penopang di tengah persaingan yang semakin ketat, dimana sebelumnya ada Gedung Islamic Center dan Klinik PKU Siti Fadilah Supari.

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM sebelumnya perna mengatakan, bahwa sebagai kampus swasta tidak bisa selalu mengandalkan pembiayaan operasional kampus dari SPP mahasiswa, kampus harus memiliki sumber penghasilan di luar dari SPP, karena beban operasional hampir setiap saat mengalami peningkatan.

Katanya, jika hanya mengandalkan penghasilan dari SPP mahasiswa, dipastikan akan ada pos pembiayaan yang terabaikan. “Untuk itu harus ada sumber- sumber penghasilan lain, karena kita bukan pengguna APBN, dan tidak mungkin juga kita terus menaikan beban SPP mahasiswa, itu sangat membebani orang tua mahasiswa, apalagi dalam kondisi ekonomi dunia dan Indonesia khususnya seperti ini (belum stabil),”sebut Prof Rajindra.

Sekalipun kata Prof Rajindra, untuk membuka sumber-sumber penghasilan baru itu harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit, seperti misalkan merampungkan pembangunan gedung Islamic Center dan pembangunan cikal bakal Rumah Sakit  PKU Siti Fadilah Supari (kini masih mengantongi Izin berupa Klinik) yang membutuhkan dana yang begitu besar.

Selain itu juga harus bisa bersabar sebelum betul-betul beroperasi dengan baik. “Untuk sampai pada tahap menghasilkan, itu harus betul-betul bersabar, karena memang ini bukan untuk jangka pendek, ini adalah untuk jangka panjang, tapi dapat dipastikan kedepan akan menjadi sumber penghasilan baru bagi kampus biru,”sebutnya.

Jika ketiga sumber bisnis itu sebut Prof Rajindra sudah berjalan semua, Unismuh Palu kembali membuka sumber lain, berupa pengembangan dan pemanfaatan hutan pendidikan yang ada di Kabupaten Sigi. “Insyah Allah, kita akan menuju ke sana,”sebut Prof Rajindra.

Sumber:https://sultengraya.com/read/145007/ruko-unismuh-palu-masuki-tahap-pembangunan/