Tim Relawan Sintuvu Unismuh Palu, Salurkan Bantuan ke Palolo

Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu yang tergabung dalam Tim Relawan Unit Kebencanaan Sintuvu Unismuh Palu, turun menyalurkan bantuan ke Desa Sejahtera, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi.

Desa tersebut, satu dari dua desa di Kecamatan Palolo yang dilanda banjir bandang akibat curah hujan lebat pada Kamis (17/3/2022) malam, mengakibatkan jembatan penghubung ke Kabupatan Poso terputus tidak dapat dilewati.

Selain mengakibatkan satu jembatan rusak, banjir itu juga mengakibatkan sekitar 100 jiwa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan sekitar 100 hektare (ha) lahan persawahan milik warga setempat terendam banjir.

Bantuan yang diserahkan itu berupa bahan makanan, pakaian layak pakai, susu bayi, dan kebutuhan bayi lainnya. Penyerahan bantuan secara langsung itu dilakukan di posko utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (23/3/2022).

“Alhamdulillah, tim relawan Unit Kebencanaan Sintuvu Unismuh Palu telah turun melakukan respon, menyalurkan bantuan ke penyintas banjir bandang Desa Sejahtera, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, pada hari Rabu (23/3/2022),”ujar salah seorang pengelolah Unit Kebencanaan Sintuvu Unismuh Palu, Dr. Sri Jumiati, Kamis (24/3/2022).

Kata Sri, bantuan itu bersumber dari donasi para dosen dan mahasiswa Unismuh Palu yang harus segera tersalurkan, mengingat saat ini bantuan itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Sampai hari ini kata Sri, Unit Kebecanaan Sintuvu Unismuh Palu masih terus mengumpulkan donasi, serta tetap berkoordinasi dengan organisasi kebencanaan lainnya, seperti MDMC sebagai mitra utama sebagai bagian One Muhammadiyah One Respon, serta organisasi kebencanaan lainnya. Kebetulan kata Sri, sejumah dosen Unismuh Palu banyak terlibat di organisasi kebencanaan itu, sehingga memudahkan komunikasi dan koordinasi.

Pada prinsipnya kata Sri,  Unit Kebecanaan Sintuvu Unismuh Palu akan terus menerima donasi dari manapun, sehingga saat ada bencana maka donasi yang terkumpul itu bisa langsung digunakan sebagai bagian dari respon cepat, berupa dibelanjakan kebutuhan mendesak untuk para penyintas. Baik itu disalurkan melalui MDMC atau langsung Tim Relawan turun kelapangan.

Terkait bencana Banjir Bandang yang juga menimpa sejumlah desa di Kabupaten Tolitoli pada Selasa (22/3/2022) malam, Unit Kebecanaan Sintuvu Unismuh Palu memastikan akan melakukan respon yang sama, namun mengingat para Tim Relawan terdiri dari mahasiswa, maka akan melakukan koordinasi dengan Wakil Rektor 1 dan Wakil Rektor 3.

“Karena kegiatan Sintuvu juga tidak boleh mengganggu kegiatan mahasiswa terutama proses belajar, bantuan itu kan bisa juga disalurkan  lewat mitra utama yakni MDMC,”sebut Sri lagi.

Sri Jumiati, mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada para dermawan atas donasi yang telah diamanahkan ke Unit Kebecanaan Sintuvu Unismuh Palu. “Mari berbagi, bersuka rela, kuat menghadapi bencana,”ujarnya.

Sumber:https://sultengraya.com/read/129759/tim-relawan-sintuvu-unismuh-palu-salurkan-bantuan-ke-palolo/