Unismuh Palu Tutup Tahun dengan Wisuda 200 Mahasiswa

Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu menutup tahun 2020 dengan pelaksanaan Wisuda Sarjana ke-50 dan Pascasarjana ke-6 Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu diikuti sebanyak 200 orang peserta, terdiri dari program pascasarjana  18  orang  dan  182  program sarjana Strata satu, di aula rektorat dengan protokol kesehatan yang ketat, Rabu (23/12/2020).

Prosesi wisuda itu dilaksanakan secara luring dan dihadiri langsung oleh peserta di aula rektorat Unismuh Palu, dan bagi tamu undangan serta orang tua atau keluarga peserta wisuda dapat menyaksikan kegiatan tersebut secara daring yang disiarkan langsung melalui akun media sosial milik Unismuh Palu.

Ini kedua kalinya Kampus Biru Unismuh Palu melaksanakan prosesi wisuda dimasa pandemi Covid-19, setelah sebelumnya juga melaksanakan prosesi wisuda pada bulan Agustus 2020.

Dari 200 orang peserta wisudawan dan wisudawati itu, 70 persen adalah angkatan lama yang tengah didorong oleh birokrasi kampus untuk segera menyelesaikan masa studinya, sementara sisanya 30 persen adalah mahasiswa dan mahasiswi yang telah menyelesaikan masa studi secara normal.

Selain itu, dari keseluruhan peserta wisuda, terdapat wisudawan dan wisudawati  yang berprestasi,  yakni di  Program  Magister  pada  Program  Studi  Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana diraih oleh Lutfi dengan IPK 3,89.  Sementara pada program Strata Satu, pada Prodi  Ilmu  Kesehatan  Masyarakat  diraih  oleh Yulnawita dengan IPK 3,69, Prodi Ilmu Administrasi Negara diraih oleh Andri dengan IPK 3,23, Prodi Manajemen diraih oleh Haerina dengan IPK 3,65, Prodi Ilmu Hukum diraih oleh Prasetya Valentin A dengan IPK 3,75.

Pada Prodi  Pendidikan  Bahasa  Inggris  diraih  oleh  Merci Yolanda dengan IPK 3,32, Prodi  PG-PAUD  diraih  oleh  Rizki  Amelia dengan IPK 3,92,  Prodi Agribisnis diraih oleh Hainun dengan IPK 3,68, Prodi  Kehutanan  diraih  oleh  Moh.  Gulfan dengan IPK 3,29, Prodi Pendidikan Non Formal diraih oleh Najm Ali dengan IPK 3,84.

Selanjutnya, pada  Prodi  Pendidikan  Agama  Islam  diraih oleh Misdar dengan IPK 3,35, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini diraih oleh Nina Marina dengan IPK 3,74Prodi  Akhwal  Al Syakhsiyah diraih oleh  Suci Nurlaila dengan IPK 3,40,  dan terakhir Prodi   Komunikasi   Penyiaran   Islam   oleh  Indasari S. Manatalafu dengan IPK 3,70.

Atas prestasi tersebut, Rektor Unismuh Palu, Dr Rajindra SE, MM memberikan penghargaan kepada yang   bersangkutan   dengan   harapan   dapat menjadi penyemangat untuk terus

Pada pesan Almamaternya, Rektor sempat menyinggung terkait upaya pengembangan yang telah dilakukan oleh kampus ini, diantaranya adalah pengembangan kualitas SDM. Dimana saat ini ada peningkatan  jumlah  Dosen  yang berkualifikasi  Doktor yakni mencapai 31 orang.

Kesemuanya terdistribusi di 20 Program Studi Sarjana dan Program Studi Pascasarjana. Selain itu, percepatan jabatan fungsional akademik juga terus dilakukan dengan mendorong para dosen untuk mengurus kenaikan jabatan fungsional akademik. Terhitung sejak September 2020 telah diajukan 7 orang Dosen menuju Lektor kepala, 14  orang  dosen  menuju  lektor  dan  12  orang  dosen menuju Asisten Ahli.  “Untuk Guru Besar alhamdulillah saat ini dalam tahapan proses kelayakan,”ungkap rektor.

Diakhir pesan Almamater, rektor menitipkan pesan kepada peserta wisudawan dan wisudawati agar selalu mengingat bahwa keberhasilan yang telah diraih adalah atas izin dan ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dukungan serta doa orang tua dan keluarga yang tak bisa diukur dengan materil, ada keringat dan air mata yang mengiringi.

Berikutnya adalah gelar akademik yang telah anda raih dan ilmu yang anda miliki, seyogyanya tidak menjadikan saudara- saudara meninggikan dagu tampil arogan, tetapi seharusnya menjadi pemberat pundak merendah diri atas amanah   yang   diemban   dalam   mencerdaskan   umat menuju masyarakat berilmu dan beriman insyaallah,”ujar rektor menutup pesan Almamaternya.

Sementara itu, Sekretaris LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, Andi Lukman M.Si mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, Kampus Unismuh Palu mengalami banyak kemajuan dan diharapkan kemajuan  tersebut terus ditingkatkan.

Katanya tidak boleh berhenti sampai di situ, seperti peningkatan Sumber Daya Dosen dan lulusan. “Saat ini Unismuh Palu telah memiliki 31 dosen kualifikasi doktor dan kedepan harus terus ditingkatkan. Begitu juga harus terus mendorong kepangkatan dosen, yang masih asisten ahli didorong naik ke lektor,”pesan Andi Lukman.

Sumber: Unismuh Palu Tutup Tahun dengan Wisuda 200 Mahasiswa – SultengRaya