Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh Palu telah melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan atau Perjanjian Kerjasama tentang Penyelenggaran Bantuan Pembangunan Rumah Susun dengan Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), di Auditorium Utama Kementerian PUPR, Jalan Pattimura Nomor 20, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (9/12/2022).

Hal tersebut sebagai bentuk menindaklanjuti  terbitnya  Peraturan  Menteri  PUPR  Nomor  7  Tahun  2022  tentang Pelaksanaan Bantuan Pembangunan Perumahan dan Penyediaan Rumah Khusus, pada Pasal 31 diamanatkan untuk menyusun Nota Kesepakatan bagi penerima bantuan yang merupakan pemerintah daerah dan Perjanjian Kerjasama untuk penerima bantuan selain pemerintah daerah, sebagai dasar pelaksanaan penyelenggaraan bantuan pembangunan rumah susun TA.2022.

Dimana dalam Perjanjian Kerjasama itu, Kampus Biru Unismuh Palu akan mendapatkan bantuan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) untuk mahasiswa. Rusunawa tersebut dibangun tepat di belakang Perpustakaan Universitas, rencananya bangunan itu dua lantai, terdiri dari 12 kamar, dan masing-masing kamar dapat diisi 4 mahasiswa.

Proses pembangunan Rusunawa itu ditangani langsung oleh pihak Kementerian PUPR, pihak Unismuh Palu selaku penerima manfaat hanya menyediakan lahan.

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra berharap pembangunan Rusunawa mahasiswa ini mampu mendorong dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kampus Biru Unismuh Palu.

“Kementerian PUPR mendapat tugas membangun Rusunawa dalam rangka memfasilitasi mahasiswa menuntut ilmu di tingkat perguruan tinggi. Rusunawa mahasiswa merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong pemerataan serta mendukung peningkatan kualitas pendidikan di tingkat perguruan tinggi,” ujar Prof Rajindra.

Ia menjelaskan, banyak mahasiswa yang berasal dari luar kota membutuhkan hunian yang layak. Dengan tinggal di Rusunawa, mahasiswa dapat menghemat pengeluaran (biaya) serta bisa belajar lebih fokus. “Tidak ada alasan lagi terlambat masuk kelas karena masalah kendaraan atau jarak tempat tinggal jauh dari kampus, karena sudah berada satu lingkungan dengan kampus,”sebut Prof Rajindra

Prof Rajindra mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan itu, dengan harapan itu dapat mendorong dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada DPR-RI dan Kementerian PUPR-RI atas bantuannya, ini sangat berarti bagi mahasiswa kami, terlebih daerah kami ini telah dilanda bencana alam dan non alam yang tentunya sangat berdampak pada penurunan ekonomi orang tua mahasiswa,”ujar Prof Rajindra lagi.

Sebelumnya, di kampus ini juga telah berdiri satu Rusunawa untuk mahasiswi Ma’had Thalhah Bin Ubaidillah, dibangun atas bantuan salah satu negara dari Timur Tengah. Kini asset tersebut dialihkan kepemilikan dan pengelolaannya ke Kampus Biru Unismuh Palu.

Sumber:https://sultengraya.com/read/146550/unismuh-palu-dapat-satu-unit-rusunawa-dari-kementerian-pupr/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *