Program Studi Hukum, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah ( berhasil meraih akreditasi “Baik Sekali” melalui keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 521/SK/ BAN-PT/Ak.KP/S/II/2024.

Informasi tersebut diterima pihak Fakultas Hukum Unismuh Palu, pada hari Rabu, Tanggal 28 Februari 2024.

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra, SE., MM mengucapkan selamat kepada Dekan Fakultas Hukum beserta jajarannya atas capaian akreditasi tersebut, dan berharap mampu mempertahankan akreditasi itu, bahkan bila perlu dapat ditingkatkan.

Akreditasi sebut Rektor diumpamakan sebagai “ruh” bagi program studi dan institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Tanpa akreditasi prodi tidak diizinkan berdiri, dan peringkat Akreditasi merupakan “cerminan diri” satuan pendidikan.

Karena instrument akreditasi memotret prodi dan institusi dari semua sisi, mulai proses penerimaan  baru (input), proses, layanan, hingga output, yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan BAN-PT.

Sehingga tidak mengherankan jika peringkat akreditasi menjadi tolak ukur masyarakat untuk memilih prodi sebagai tempat mereka kuliah, semakin tinggi tingkat peringkat akreditasi prodi itu, semakin memungkinkan masyarakat untuk memilih prodi tersebut.

Selamat bagi Prodi Hukum yang telah meraih akreditasi “Baik Sekali”, ini semakin membuktikan jika Prodi Hukum Unismuh Palu layak sebagai tempat masyarakat Sulawesi Tengah menuntut Ilmu,”sebut Prof Rajindra, Selasa (5/3/2024).

Dekan Fakultas Hukum Unismuh Palu, Dr. Hj. Maisa, SH., MH menguraikan, jika proses mendapatkan akreditasi “Baik Sekali” tersebut melalui proses perjuangan panjang. Mulai dari lolos Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA) sehingga memungkinkan dilakukan re-areditasi tanpa  melalui proses Visitasi, cukup dilakukan pengisian data dan informasi di Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

Pengisian dan pengiriman ISK dilakukan di awal tahun 2023, dan proses penilaian dilakukan di Bulan Desember 2023. “Alhamdulilah informasi hasilnya kami dapat akreditasi “Baik Sekali” itu hari Rabu, Tanggal 28 Februari 2024, ini sangat menggembirakan, karena perjuangan kita selama ini tidak sia-sia,”sebut Dekan.

ni sekaligus menempatkan Prodi Hukum Unismuh Palu sebagai Prodi Hukum pertama di Sulawesi Tengah yang terakreditasi “Baik Sekali”.

Ia berharap kedepan Prodi Hukum bisa meningkatkan lagi akreditasinya ke “Unggul” sebagaimana harapan Rektor. Karena potensi tersebut sangat memungkinkan jika dilihat dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM). Dari 14 Dosen yang dimiliki, delapan diantaranya adalah doktor dan satu Lektor Kepala.

Begitu juga dari sisi fasilitas, semua ruang perkuliahan dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC dan Infokus, memiliki ruang praktek persidangan, memiliki ruang rapat, dan Auditorium.

“Saya kira dari capaian ini, tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk ragu memilih Prodi Hukum Unismuh Palu sebagai tempat mereka belajar hukum, karena dari sisi SDM dosen tidak diragukan, fasilitas pun demikian, apalagi dari sisi akreditasi,” sebut dekan.

Sumber:https://sultengraya.com/read/172164/prodi-hukum-unismuh-palu-raih-akreditasi-baik-sekali/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *